Layanan Angkutan Lebaran 2022, ASDP Optimis Layanan Penyeberangan Berjalan Lancar

(Beritadaerah – Jakarta) Saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI di DPR RI pada Selasa (29/3) tentang kesiapan layanan angkutan Lebaran 2022 oleh BUMN Transportasi, Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (persero) Shelvy Arifi menyampaikan kesiapan ASDP dalam menyelenggarakan layanan Angkutan Lebaran 2022 di masa pandemi COVID-19.

“Perseroan telah melakukan persiapan penyelenggaraan posko pengendalian transportasi selama periode angkutan Lebaran 2022 atau 1443 Hijriah, khususnya pada 10 lintasan penyeberangan terpantau nasional,” kata Shelvy.

Dijelaskan oleh Shelvy, tahun ini merupakan ketiga kalinya layanan angkutan Lebaran di masa pandemi COVID-19. Manajemen telah melakukan antisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan dengan memaksimalkan kapasitas baik sarana dan prasarana kapal dan pelabuhan. ASDP optimis layanan penyeberangan periode Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar, aman, nyaman dan selamat.

Shelvy menyampaikan pada prinsipnya ASDP akan mematuhi kebijakan layanan mudik yang telah diatur oleh Pemerintah demi tujuan bersama, menekan penyebaran COVID-19. ASDP memastikan bahwa pelabuhan penyeberangan tetap beroperasi khususnya untuk kelancaran layanan penumpang maupun logistik.

Adapun penyelenggaraan operasi posko angkutan Lebaran 2022 pada masa pandemi COVID-19 untuk ketiga kalinya mengacu kepada SE Satgas COVID-19 No.11 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri, dan instruksi Menteri Dalam Negeri No.15 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4, level 3 dan level 2 COVID-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Shelvy tambahkan untuk penyelenggaraan posko angkutan Lebaran di lingkungan ASDP akan berlangsung pada 22 April 2022 (H-10) hingga 10 Mei 2022 (H+7). Terdapat 10 cabang yang akan menjadi pantauan nasional selama angkutan Lebaran yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, Lembar, Kayangan, Balikpapan, Bangka, Bajoe, Sibolga dan Selayar, serta empat cabang pantauan perusahaan yakni Batam, Ambon, Ternate dan Bitung. Kami pastikan kesiapan sarana dan prasarana akan memadai, sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa.

ASDP terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan dengan kapal ferry agar mengatur waktu perjalanan sebaik-baiknya dengan melakukan reservasi tiket online melalui Ferizy, maupun melalui sales channel resmi Ferizy yaitu gerai Alfamart dan/ agen BRILink khususnya di empat pelabuhan utama Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk. Pihak ASDP juga memastikan proses pengisian data bagi para penumpang dalam terdata dengan baik.

Untuk kelancaran operasional dan layanan selama periode angkutan Lebaran, ASDP juga memastikan kesiapan petugas dan peralatan pendukung serta penerapan protokol kesehatan secara ketat baik di kapal dan pelabuhan. ASDP juga telah menyiapkan contigency plan khususnya penanganan kondisi darurat apabila terjadi cuaca ekstrim, kebakaran, huru-hara/demonstrasi dan lainnya.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu