(Beritadaerah – Jakarta)  Pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) akan kembali digelar di Jakarta pada 23-27 Maret 2022. Inacraft merupakan salah satu pameran industri kerajinan terbesar di Asia Tenggara yang dilaksanakan di Jakarta setiap tahunnya dan menjadi salah satu pameran yang selalu dinanti oleh para penggiat dan peminat produk kerajinan dalam negeri.

Terkait dengan pameran tersebut PT Pertamina (Persero) memberikan kesempatan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaannya untuk mengikuti pameran ini. Pihak Perseroan memberikan fasilitas pendaftaran untuk mengikuti ajang itu hingga 17 Maret 2022 pukul 24.00 WIB.

Hal tersebut disampaikan Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam keterangan tertulisnya pada hari Selasa (15/3), menyampaikan pendaftaran UMKM peserta Inacraft telah berlangsung lebih dari sepekan dan saat ini jumlah UMKM yang telah mendaftar sebanyak 63 peserta.

Disampaikan juga oleh Fajriyah bahwa Pertamina memperpanjang pendaftaran hingga 17 Maret 2022 yang dilakukan secaraonline melalui https://bit.ly/INACRAFTREBORN2022 agar lebih banyak menyaring UMKM.

Setelah pelaku UMKM melakukan pendaftaran, maka Pertamina akan melakukan proses kurasi untuk memilih, menilai, dan memastikan produk yang dimiliki calon peserta tersebut menarik dan memiliki nilai jual.

Fajriyah menyampaikan bahwa UMKM yang dipilih harus sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Jika peserta sudah pernah mengikuti kegiatan sebelumnya, maka harus ada inovasi yang dilakukan oleh pelaku UMKM. Mitra binaan Pertamina terbuka untuk sektor fesyen dan kerajinan.

Ditambahkan oleh Fajriyah, dari sejumlah peserta yang telah mendaftar tidak semua merupakan pendatang baru. Bahkan ada beberapa UMKM yang tahun sebelumnya pernah mengikuti Inacraft, kembali mendaftar di tahun ini. Inacraft merupakan ajang yang sangat bergengsi dan tujuan utama dari kegiatan ini adalah mempromosikan produk lokal.

Dari pameran ini diharapkan akan lebih banyak transaksi yang terjadi di luar pameran. Mitra Binaan yang mendaftar memiliki kriteria dengan angsuran pinjaman lancar tergabung dalam UMK Academy yang pernah mengikuti pameran di tingkat lokal, mampu memproduksi sendiri dengan kapasitas yang memadai, memiliki materi promosi (katalog dan video), tidak menggunakan elpiji subsidi, mengunduh aplikasi MyPertamina,  follow Instagram @gen_umkm serta bersedia untuk membuat paket promosi selama pelaksanaan pameran.

Berbagai kerajinan menarik seperti keramik, anyaman, kaca, sepatu, tas, dan aneka perhiasan dipajang di acara tersebut. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat mengakomodir harapan dan aspirasi UMKM Pertamina sekaligus mendorong jiwa kemandirian untuk menjadi pengusaha yang tangguh dan profesional.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts