Konjen AS di Surabaya Tertarik Dukung Pengembangan Kabupaten Banyuwangi

(Beritadaerah – Banyuwangi) Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya tertarik untuk mendukung pengembangan Kabupaten Banyuwangi. Deputi Bidang Politik dan Ekonomi Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Dylan Hoey, menggelar diskusi virtual dengan Bupati Ipuk Fiestiandani untuk menjajaki kerjasama guna mendukung pembangunan daerah, Senin (14/3).

Dylan Hoey menjelaskan pihaknya telah banyak mendengar perkembangan Banyuwangi dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai prestasi yang diraih serta inovasi yang dilakukan Banyuwangi, menginspirasi pihaknya untuk bisa menjalin kerjasama dengan Banyuwangi di banyak sektor.

“Lewat diskusi ini, kami ini mendengar langsung berbagai potensi dan apa yang sudah dan akan dilakukan Banyuwangi langsung dari Ibu Bupati. Ini kami perlukan untuk menggali berbagai kemungkinan apa saja yang bisa kita dukung dan kerjasamakan dengan Pemkab Banyuwangi. Mulai potensi pariwisata, pertanian dan perikanan, infrastruktur, dan banyak lainnya,” kata Dylan.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah AS memberikan perhatian kepada daerah-daerah yang berpotensi lebih untuk berkembang.

“Pemerintah kami (AS) banyak memberikan dukungan program kepada daerah. Dan kami sangat mengapresiasi apa saja yang telah dilakukan Banyuwangi. Kami berharap, Banyuwangi menjadi salah satu mitra kerja sama pemerintah AS untuk mendukung pembangunan di daerah,” kata Dylan Hoey.

Sementara itu, Bupati Ipuk menyambut baik dukungan dari pemerintah AS tersebut. Ipuk pun dengan antusias berbagai potensi Banyuwangi mulai sektor pertanian, perikanan, pariwisata, dan lainnya.

“Banyuwangi yang merupakan kabupaten paling ujung timur di Jawa dikelilingi 3 taman nasional yang menjadikan daerah ini sebagai salah satu cagar biosfer dunia. Selain terdapat deretan pegunungan yang melingkupi, Banyuwangi juga memiliki garis pantai yang panjang. Hal ini menjadi alasan kami untuk mengembangkan ekoturisme,” kata Ipuk.

Mendukung destinasi wisatanya, pemkab juga banyak menggelar event sporttourism berkelas internasional. Seperti, Savana Duathlon, International Tour de Ijen, dan akan dihelat kejuaraan surfing dunia di Pantai G-Land pada akhir Mei ini.

“Tak hanya itu, Banyuwangi juga terus melakukan perbaikan di sektor infrastruktur. Mulai dari infrastruktur fisik seperti pembangunan jalan, juga seluruh desa di Banyuwangi telah dialiri fiber optic untuk memperlancar komunikasi desa dengan dunia luar serta untuk meningkatkan pelayanan publik di desa,” tambah Ipuk.

Pemkab Banyuwangi juga terus meningkatkan sektor pertanian daerah, bahkan mendorong pengembangan pertanian organik.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus