PLN: Pembangkit EBT Sumbang 36 Persen Kelistrikan Wilayah Sulbagsel

(Beritadaerah – Sulawesi) General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), Awaluddin Hafid dalam keterangan tertulisnya pada hari Minggu (13/3), menyampaikan pembangkit listrik Energi Baru Terbarukan (EBT) berkontribusi sejumlah 36 persen untuk kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) yang meliputi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat dan sebagian wilayah Sulawesi Tengah.

Saat ini PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero terus berupaya meningkatkan penggunaan pembangkit listrik EBT. Pembangkit listrik EBT itu terdiri dari dua Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dan lima Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pada sistem kelistrikan Sulbagsel. Area UIW Sulbagesl memiliki lima pembangkit listrik EBT yang semuanya berada di Sulawesi Selatan.

Lima pembangkit listrik tersebut dengan masing-masing kapasitasnya yakni PLTB Tolo Jeneponto 60 MW, PLTB Sidrap 70 MW, PLTA Bakaru 2×63 MW, PLTA 2B 2×50 MW dan PLTA Malea 2×45.

“Itu pembangkit listrik di wilayah kami, tapi kalau untuk kelistrikan Sulbagsel, ada juga kontribusi dari PLTA Poso 1 4×30 MW dan PLTA Poso 2 3×65 MW,” kata Awaluddin.

Ditambahkan juga oleh Awaluddin, saat ini untuk cadangan listrik di Sulbagsel, ada dua PLTA terbaru salah satunya PLTA Malea yang akan membuat cadangan daya sistem Sulbagsel sebesar 591,5 MW.

Menurut Awaluddin, energi listrik saat ini sudah menjadi bagian yang sangat penting dan tidak terpisahkan dalam kehidupan setiap hari, sehingga PLN terus berkomitmen penuh dalam menjamin ketersedian listrik yang bukan hanya andal tapi juga bersih.

Pilar Green dalam Transformasi PLN juga terintegrasi dengan pilar Customer Focused, di mana PLN berusaha memberikan layanan terbaik dan berkualitas dengan pengalaman menggunakan listrik yang tidak hanya bersih, tapi juga mudah untuk diakses.

Terakhir untuk kemudahaan akses, Awaluddin meminta masyarakat dapat menggunakan aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh gratis dari Play Store dan App Store guna mendapatkan informasi dan layanan dari PLN.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu