Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Perusahaan BUMN Investasi Rp 3,5 Triliun

(Beritadaerah – Nasional) Saat konferensi pers Update Persiapan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022 secara daring pada Minggu (6/3), Wakil Menteri (Wamen) BUMN II, Kartika Wirjoatmoto menyampaikan dalam menyambut gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada bulan Maret 2022, dibutuhkan investasi dalam pembangunan infrastruktur.

Sebagai wujud dari sinergitas antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maka perusahaan BUMN berinvestasi dalam membangun infrastruktur gelaran balap motor seperti fasilitas sirkuit, dan lainnya dengan nilai sebesar Rp 3,5 triliun.

Hadir juga dalam konferensi pers ini yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria, Komandan Lapangan MotoGP Hadi Tjahjanto, dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

“Yang pertama tentu membangun sirkuit dan pendukungnya oleh ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) di dalamnya ada PT PP yang melakukan pembangunan sirkuit dalam bentuk pengaspalan dan segala macam fasilitas sirkuit dan Wika Gedung yang melakukan pembangunan paddock dan fasilitas gedung lainnya,” kata Wamen BUMN II Kartika dalam konferensi persnya.

Wamen BUMN II Kartika jelaskan, perusahaan BUMN juga telah berinvestasi untuk mempercantik pintu gerbang kedatangan pengunjung atau penonton gelaran MotoGP kedua di 2022, dalam hal ini PT Angkasa Pura I (persero) telah merenovasi bandara Lombok Praya (Lombok Praya International Airport), dan PT Pelabuhan Indonesia (persero) atau Pelindo telah meningkatkan fasilitas di Pelabuhan Gilimas, Lombok.

Selain itu, kata Wamen Kartika, Pertamina juga telah memberikan sponsorship dalam sirkuit Mandalika, yakni dengan pemberian nama Pertamina Mandalika International Street Sirkuit. Selain itu Bank Mandiri (PT Bank Mandiri (Persero) Tbk), Bank BRI (PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk) dan Telkom (PT Telkom Indonesia(persero) Tbk) yang akan memiliki lounge 360 derajat di atas bukit dan menjadi ikon BUMN.

Ditambahkan oleh Wamen Kartika, saat ini perusahaan BUMN terkait juga sedang menyelesaikan pembangunan tahap akhir dari sirkuit Pertamina Mandalika International Street Sirkuit seperti grand stand sudah 80 persen selesai, termasuk gedung baru untuk VIP deluxe. Selain itu juga pengaspalan ulang kembali sirkuit Mandalika sudah mencapai 60 persen dan diharapkan selesai dalam dua hari lagi.

Balapan MotoGP Mandalika 2022 dijadwalkan berlangsung pada hari Minggu, tanggal 20 Maret 2022, pukul 15.00 WITA atau 14.00 WIB.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu