(Beritadaerah – Infodaerah) Hari ini, Jumat 4 Februari 2022, mulai pukul 05.30 WIB, aktivitas penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang (Banyuwang) ke Pelabuhan Gilimanuk (Bali), mulai beroperasi kembali setelah ditutup 24 jam karena perayaan Hari Raya Nyepi di Bali.

Pihak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ketapang Banyuwangi, Marsadik, memberikan keterangan bahwa pelabuhan ditutup 24 jam sejak hari Rabu (2/3/2022) 23.59 WIB atau 00.00 WITA. Penyebrangan telah dibuka kembali, Jumat (4/3/2022) pada 05.30 WIB dari Pelabuhan Ketapang – Banyuwangi.

PT ASDP Ketapang juga telah mengintruksikan kepada operator pelayanan yang beroperasi di Pelabuhan Ketapang- Gilimanuk untuk mensosialisasikan penutupan Pelabuhan tersebut kepada penumpang.

“Kami mulai sosialisasi penutupan melalui pamplet ke setiap penumpang. Selain itu juga melalui spanduk yang dipasang di sudut- sudut Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk,” ujar Manager Usaha PT ASDP Ketapang Banyuwangi Marsadik, Selasa (1/3/2022)

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan selain penumpang, yaitu kendaraan di kedua Pelabuhan ini. Untuk itu PT ASDP Ketapang menyiagakan 52 armada kapal. Dari jumlah armada tersebut, sebanyak 28 armada kapal dioperasikan untuk melayani kendaraan yang hendak menyebrang ke Pulau Bali dan sebaliknya.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Diskominfo Pemprov Jatim