Dindagkop Kabupaten Demak Siapkan 6 Ribu Minyak Goreng Untuk Pedagang Pasar

(Beritadaerah – Demak) Sebanyak 6 ribu liter minyak goreng curah akan disediakan oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop) Kabupaten Demak pada operasi pasar di Pasar Bintoro, Sabtu (26/2). Minyak goreng tersebut akan dijual kepada para pedagang di pasar tersebut.

Kepala Dindagkop Kabupaten Demak Iskandar Zulkarnain menyampaikan, operasi pasar minyak goreng dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan minyak goreng di Kabupaten Demak.

Disampaikan, hari ini pihaknya juga telah menggelar operasi pasar di tempat yang sama. Pada operasi pasar kali ini, disiapkan sebanyak 2.160 liter minyak goreng.

“Untuk operasi pasar di hari sabtu besok, dengan harga Rp11 ribu per liter. Dan setiap pedagang, dibatasi pembeliannya maksimal 20 liter per orang,” ungkapnya usai melakukan pantauan ketersediaan minyak goreng di PT Wahyu Prima Jaya.

Iskandar menjelaskan, pihaknya akan terus menggelar operasi pasar tersebut. Rencananya, pada Rabu (2/3/2022) juga akan dilakukan operasi pasar minyak goreng untuk masyarakat. Sebanyak 2 ribu liter minyak goreng disiapkan, dan akan dijual dengan harga Rp14 ribu per liter di pasar Bintoro.

“Setiap warga atau konsumen, dibatasi hanya dua liter per orang untuk membelinya,” tegasnya.

Sesuai arahan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, lanjutnya, fokus pemerintah saat ini adalah melancarkan distribusi minyak goreng kepada para pedagang pasar rakyat atau modern. Namun, daerah tetap bisa melaksanakan kegiatan operasi pasar.

“Kemudian juga sesuai arahan Bapak Dirjen dan Kadisperindag Prov Jateng, Tim Dindagkop UKM Kabupaten kota, termasuk Kabupaten Demak akan mengawasi pendistribusian minyak goreng dari distributor kepada para pedagang,” tutur Iskandar.

Ditambahkan, apabila dalam pendistribusian tersebut terdapat hambatan, pihaknya akan segera melaporkan ke Disperindag Provinsi Jawa Tengah.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus