Aksi Bersih Pantai dan Laut, KKP Berhasil Bersihkan Ribuan Sampah di TWP Laut Banda

(Beritadaerah – Jakarta) Sebagai tindak lanjut dari antusiasme dalam menyambut #BulanCintaLaut yang telah dicanangkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Wilayah Kerja (Wilker) Taman Wisata Perairan (TWP) Laut Banda, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) melaksanakan kegiatan bersih pantai dan laut di Pantai Polsek, Desa Kampung Baru, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada 19 Februari 2022 lalu.

Kepala BKKPN Kupang Imam Fauzi menjelaskan gerakan bersih pantai dan laut di KKN TWP Laut Banda yang dilakukan oleh tim darat dan tim laut mengumpulkan sampah sebanyak 2.496 kilogram. Kegiatan ini melibatkan 60 peserta yang berasal dari instansi dan kelompok masyarakat di Kecamatan Banda.

“Jenis sampah yang terkumpul meliputi sampah plastik sebanyak 154,5 kilogram yang terdiri dari bungkus makanan, bungkus detergen, karung, selang, pipa, peralatan terbuat dari plastik, mainan dan lain-lain. Sedangkan sampah campuran sebanyak 2.341,5 kilogram terdiri atas kain, kaleng, botol kaca, kayu, fiber dan lain-lain,” jelas Imam.

Imam juga berharap seluruh pihak dapat bersinergi dan memiliki kesadaran bersama untuk mengendalikan sampah sehingga sampah di laut dapat berkurang sebanyak 70% pada tahun 2025 mendatang. Hal ini pun telah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut.

Kegiatan yang dimaksudkan untuk mengendalikan sampah di Kawasan Konservasi Nasional (KKN) TWP Laut Banda tersebut mendapat dukungan penuh Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Pamuji Lestari. Menurut Tari, kegiatan bersih pantai dan laut yang merupakan salah satu wujud komitmen Indonesia dalam mendukung terselenggaranya G20 Tahun 2022 untuk ekonomi biru, karbon biru dan penanganan sampah laut.

“Kegiatan bersih pantai dan laut di KKN TWP Laut Banda adalah salah satu bagian dari upaya KKP dalam menjaga kelestarian ekosistem laut dan mengantisipasi perubahan iklim. Ini juga telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam acara One Ocean Summit yang digelar di Prancis pada 9-11 Februari 2022,” terangnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menegaskan #BulanCintaLaut merupakan salah satu bentuk komitmen KKP dalam menjaga kesehatan laut yang menjadi atensi dunia sejak beberapa tahun terakhir. Terlebih saat ini Indonesia didaulat menjadi tuan rumah forum internasional G20.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus