Naik 100%, Sebanyak 180 UMKM Ditarget Menjadi UMKM Binaan Dekranasda

(Beritadaerah – Pekalongan) Sebanyak 180 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ditarget menjadi UMKM binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pekalongan. Angka tersebut naik 100% dibandingkan dengan capaian 2021, yakni sebanyak 146 UMKM.

Ketua Dekranasda Kota Pekalongan, Inggit Soraya, menjelaskan, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk membina UMKM di wilayahnya. Salah satunya adalah dengan mengajak para pelaku UMKM di bidang kriya untuk bergabung sebagai UMKM binaan Dekranasda.

“Dekranasda hadir mengangkat produk kerajinan dan produk batik, Alhamdulillah dari yang tadinya hanya sekitar 40 yang ada di Dekranasda, selama 2021 ini bisa mencapai hingga 146, yang artinya sudah ada tambahan 100 UMKM yang bisa masuk di Dekranasda dan ikut display di Showroom Dekranasda,” tandas Inggit saat ditemui di kantor PKK Kota Pekalongan, Senin (21/2/2022).

Inggit menuturkan, pada 2022, pihaknya memiliki target untuk menggabungkan 180 UMKM. Caranya adalah dengan menyelenggarakan pelatihan usaha untuk mendorong tumbuhnya UMKM baru. Pelatihan usaha juga dimaksudkan sebagai sarana pengembangan kompetensi para pelaku UMKM.

“Harapannya target kita untuk produk batik dan kerajinan. Targetnya 180 UMKM. Mudah-mudahan pada tahun 2022 ini bisa menutup dan lebih,” pungkasnya.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus