Pemerintah Kota Batam Bersiap Menyambut Travel Bubble

(Beritadaerah – Batam) Wilayah Batam akan membuka kembali perjalanan travel bubble bagi wisatawan mancanegara (wisman). Travel bubble merupakan skema untuk membuka gerbang pariwisata antar negara selama pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Batam Jefridin saat mendampingi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, dan Deputi bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya dalam kesiapan travel bubble di Nongsapura Ferry Terminal, Batam.

“Selaku Pemerintah Daerah, mewakili Pak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan seluruh pihak yang terlibat dalam travel bubble ini,” kata Jefridin di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (19/2).

Disampaikan oleh Jefridin, bahwa dalam rangka persiapan travel bubble di Batam, sejumlah hal dilakukan yakni peninjauan dari pemerintah pusat yang terkesan dengan sejumlah persiapan yang sudah dilakukan. Hal ini juga diharapkan terjadi juga bagi wisatawan yang akan datang ke Batam nantinya pada 23 Februari 2022.

Jefridin tambahkan kita harus lakukan semua persiapan dengan baik, bagaimana kesan pertama benar-benar mengesankan. Ini akan memberikan dampak untuk masa depan pariwisata Batam. Hasil dari kunjungan tadi, Pemerintah Pusat menginginkan adanya video untuk Standar Operasional Prosedur (SOP), sehingga wisatawan yang datang dapat mencermati dan memahami dengan baik. Untuk itu Pemkot Batam akan mempersiapkan video tersebut.

Terakhir Jefridin berharap, program travel bubble di Batam akan sukses dan memberi dampak positif bagi pariwisata dan ekonomi Kota Batam setelah dilanda pandemi COVID-19.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata mengatakan, secara menyeluruh baik Pemda maupun pelaku pariwisata sudah sangat siap menyambut kedatangan wisman. Moment ini menjadi penyemangat Batam dan sinyal positif pemulihan pariwisata.

Selain itu juga Pemerintah Kota Batam dibawah pimpinan Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Batam terus berbenah demi pariwisata. Secara menyeluruh, semua infrastruktur pendukung pariwisata sudah dibangun dan membuat Batam makin menarik bagi wisatawan.

Sebelumnya, Pemerintah juga telah membuka kembali pintu masuk internasional bagi wisatawan di Bali pada 4 Februari 2022. Pada saat pembukaan pintu masuk, Pemerintah Provinsi Bali dan semua pihak tetap mengikuti Surat Edaran Satgas COVID-19 yang berlaku.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu