ADWI 2021, Dua Desa Wisata di Lamandau, Kalimantan Tengah Dapat Penghargaan

(Beritadaerah – Lamandau) Desa Wisata Benakitan dan Desa Wisata Riam Tinggi di Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Terkait dengan pencapaian yang diraih dua desa tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau, Meigo mengatakan, saat malam puncak rangkaian kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, di Ciputra Artpreneur, Jakarta, dari 75.000 desa di seluruh Indonesia yang mendaftar mengikuti ADWI ada 1.831 desa. Desa Benakitan dan Desa Riam Tinggi masuk sebagai nominasi.

“Tentunya kita sangat berbangga diri dengan masuknya dua desa kita yang menjadi nominasi di ajang bergengsi ADWI 2021 kementerian,” kata Meigo yang dikutip laman Infopublik, Rabu (16/2).

Meigo menjelaskan hal ini melebihi ekspektasi, dan ini merupakan perjalanan untuk perkembangan desa wisata di Kabupaten Lamandau, dan dengan peringatkan nominasi 300 sudah menembus ekspektasi, dari 1.831 desa.

Diketahui, anugerah ADWI 2021 memberikan penghargaan untuk 7 kategori penilaian bagi desa wisata, diantaranya CHSE, Desa Digital, Suvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet.

ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf. Event ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi. Dengan penghargaan ini, diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi COVID-19.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu