Pemkab Kendal Selesaikan 5 Pembangunan Infrastruktur Tahun Anggaran 2021

(Beritadaerah – Kendal) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal telah menyelesaikan pembangunan beberarapa infrastruktur pada tahun anggaran 2021. Lima hasil pembangunan di Kabupaten Kendal diresmikan langsung oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto di gedung perpustakaan daerah setempat, Kamis (10/2). Kelima bangunan yang diresmikan antara lain, Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal, Puskesmas Gemuh II, Kantor Kecamatan Kendal, Perumahan DAK Integrasi, dan ruas Jalan Ponganan – Magangan.

Pemerintah Kabupaten Kendal telah berhasil menyelesaikan pembangunan pada 2021, seperti infrastruktur jalan, irigasi, bendungan hingga rehabilitasi bangunan. Meskipun ada beberapa pembangunan fisik yang harus tertunda atau bergeser, karena adanya refocusing anggaran, demikian yang disampaikan oleh Bupati Kendal Dico.

“Memang pada tahun kemarin kita fokus pada penanganan Covid-19, sehingga beberapa pembangunan fisik tertunda. Namun demikian, kita masih mampu merealisasikan pembangunan yang merupakan infrastruktur penting,” kata Bupati Kendal Dico yang dikutip laman Jateng.

Bupati Dico berharap dengan perpustakaan daerah yang baru saja dibangun dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya generasi muda agar bisa lebih berkarya. Sedangkan dengan selesainya pembangunan Puskesmas Gemuh II, diharapkan masyarakat dapat menerima pelayanan kesehatan yang lebih baik dan mudah.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh Toha menjelaskan bahwa pembangunan 5 infrastruktur seperti pembangunan gedung perpustakaan daerah menggunakan anggaran DAK sebesar Rp 9,3 miliar, sedangkan pembangunan Puskesmas Gemuh II menggunakan anggaran DAK sebesar Rp 5,1 miliar, dan bantuan sosial rumah layak huni menggunakan anggaran DAK Integrasi sebsar Rp 8,9 miliar, rehab gedung sekretariat Kecamatan Kendal dari dana APBD sebesar Rp 2,2 miliar dan rekontruksi jalan Magangan – Pongangan anggaran bankeu Provinsi Jawa tengah sebesar Rp 7,8 miliar.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu