Pemkab Temanggung Luncurkan Eduwisata Sedadap

(Beritadaerah – Jakarta) Pemerintah Kabupaten Temanggung meluncurkan Eduwisata Sedadap di Desa Kwadungan Gunung, Kecamatan Kledung, Rabu (9/2). Menggandeng SMP Negeri 2 Kledung, desa wisata di lereng Sindoro ini diharap menjadi salah satu potensi wisata alam di wilayah tersebut, selain di Desa Posong.

“Jadi di sini, wisata edukasinya yang bisa dikembangkan, dan bisa menarik para wisatawan untuk datang di Sedadap ini,” ujar Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo, di sela kegiatan peluncuran.

Heri berpesan, pengelolaan dan manajemen desa wisata tersebut harus ditingkatkan, agar dapat berkompetisi dengan wisata alam lainnya.

Kepala Desa Kwadungan Gunung Agus Susanta menjelaskan, eduwisata Sedadap akan dikembangkan ke edukasi wisatanya. Selanjutnya, Desa Kwadungan Gunung akan menjadi wisata desa.

Ia mengatakan, Eduwisata Sedadap mengunggulkan wisata edukasi kopi. Masyarakat, pelajar, dan pengunjung dapat belajar tentang cara penanaman kopi, pengolahan, perawatan, pemetikan, sampai ke pemasarannya.

Sementara itu, Tri Nugroho dari Instiper Yogyakarta menyampaikan, pihaknya berkolaborasi dengan Perhutani dan Desa Kwadungan Gunung, akan melakukan konservasi lahan di tempat wisata Sedadap. Instiper melakukan pendampingan dan membantu pengembangan eduwisata, dengan penanaman kopi varietas Komasti untuk lahan di atas 1.500 dpl. Bibit ini didapatkan dari Puslipkoka Jember.

“Instiper telah melakukan penanaman 300 bibit di tahun 2020 dan dilanjutkan 1.500 bibit di tahun 2022,” ujarnya.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus