Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jawa Tengah Capai 3,32%

(Beritadaerah – Prov Jawa Tengah) Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah mencatat pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah Triwulan IV 2021 secara kumulatif mencapai 3,32 persen. Angka tersebut jauh lebih baik dari tahun sebelumnya yang terpuruk -2,65 persen.

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Adhi Wiriana menuturkan, dari sisi produksi, menguatnya pertumbuhan ekonomi tersebut ditopang oleh tumbuh positifnya semua sektor lapangan usaha, kecuali sektor administrasi pemerintah.

“Pertumbuhan tertinggi disumbang oleh sektor konstruksi, setelah pada tahun 2020 terkontraksi -3,76 persen,” ujarnya, dalam siaran persnya secara virtual, Senin (7/2/2022).

Sementara, imbuh Adhi, dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang sebesar 3,32 persen didorong oleh komponen konsumsi rumah tangga yang tumbuh positif sebesar 1,82 persen.

“Menguatnya konsumsi rumah tangga ini karena peningkatan kebutuhan rumah tangga, setelah masyarakat mulai terbiasa dengan kondisi pandemi,” imbuhnya.

Ditambahkan, selain konsumsi rumah tangga, investasi juga menjadi mesin pendorong pertumbuhan dari sisi penggunaan. Hal ini seiring dengan peningkatan impor barang-barang modal.

“Selain kumulatif, pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah mencapai 5,42 persen (y on y) dan 0,67 persen (q to q),” tandasnya.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus