Kementerian PUPR: Tol Semarang-Demak Atasi Banjir Rob dan Genangan Air

(Beritadaerah – Semarang) Sekretaris BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Tol Semarang-Demak Seksi 2, Jawa Tengah pada Kamis, 27 Januari 2022 bersama dengan Komisi V DPR RI.

Turut hadir dalam kunker kali ini dari Kementerian PUPR, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Asep Arofah Permana, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah Cakra Nagara, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Mochammad Mulya Permana, dan Plt Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah Jawa Tengah Yanuar Munlait.

Dalam kunjungannya, Triono menyampaikan pembangunan Tol Semarang-Demak yang terdiri dari 2 seksi bermanfaat untuk mengurangi dampak banjir rob yang sering terjadi kota Semarang. Seksi 1 Kaligawe-Sayung sepanjang 10,64 km dengan sumber pendanaan dari Pemerintah (Loan Cina) sebesar Rp 10,9 T dan baru terkontrak 24 Januari 2022. Seksi 2 Sayung- Demak sepanjang 16,31 km dari BUJT dengan biaya sebesar Rp 4,3 T dan progres fisik 70%.

“Seksi 1 sepanjang 10,64 km baru terkontrak dengan ditargetkan selesai konstruksi akhir tahun 2024 dan akan beroperasi pada awal tahun 2025. Seksi 2 memiliki progres fisik 70% dengan ditargetkan selesai akhir tahun 2022 dan beroperasi pada awal tahun 2023. Masalah utama Seksi 1 adalah masalah lahan karena sebelumnya ada tanah sekarang jadi laut atau tanah musnah,” kata Triono.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah – D.I.Yogyakarta Wida mengatakan, permasalahan pada Seksi 1 yaitu ada tanah bersertifikat milik warga yang sudah tertutup oleh air laut sehingga menyulitkan proses pembayaran ke warga yang bersangkutan.

Sedangkan Bupati Demak, Esti’anah menjelaskan, tanah musnah terjadi karena penurunan air tanah serta peningkatan air laut. Bupati berharap masyarakat mendapatkan ganti untung yang semestinya, penetapan tanah musnah di Kota Semarang dan Kabupaten Demak dalam tahap investarisasi, identifikasi, dan pengkajian.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae berharap kepada stakeholder yang terkait permasalahan lahan segera diselesaikan dan stakeholder terkait dengan pengurusan Perpres Tanah Musnah segera diterbitkan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu