BRIN bersama PT Dirgantara Indonesia berkolaborasi dalam pengembangan pesawat terbang (Foto: BRIN)

BRIN Kembangkan Produk Penerbangan Bersama PT Dirgantara Indonesia

(Beritadaerah – Industri & Jasa) Badan Riset Inovasi dan Nasional (BRIN) bersama PT Dirgantara Indonesia (PT DI) berkolaborasi dalam pengembangan pesawat terbang nir awak medium altitude long endurance (MALE) dan pesawat terbang N219 beserta berbagai variannya.

Kolaborasi ini tercantum dalam Nota Kesepahaman di antara keduanya, yang ditanda tangani pada Kamis (27/1), oleh Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi bersama dengan PT Dirgantara Indonesia.

Direktur Niaga, Teknologi dan Pengembangan, PT Dirgantara Indonesia, Gita Amperiawan, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kepala BRIN berserta jajaran di PT DI. Nota kesepahaman ini, telah ditunggu karena ini menjadi hulu bagi industri dalam mengembangkan produk-produk inovasi dari kami.

“Beberapa yang dikerjasamakan merupakan proyek kegiatan nasional selanjutnya akan ditindak lanjut dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS), di antaranya pengembangan Male yang menunggu untuk dapat siap diterbangkan lagi, serta dua program tersebut,” terang Gita.

“Kami menunggu arahan dari bapak, bagaimana kemudian PT Dirgantara bisa bersinergi dengan BRIN, kami siap berkomitmen menjadi industri yang bisa diberikan Amanah mengembangkan research and develovement (RND) pada sektor dirgantara,” pungkas Gita

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, LT Handoko juga menyampaikan terima kasih kepada PT Dirgantara Indonesia karena telah melanjutkan komitmen bersama BRIN untuk terus mengembangkan industri penerbangan.

“Secara legal BRIN dan PT DI telah melakukan co development produk strategis penerbangan bagi PT DI,” pungkas Handoko.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: BRIN