Wisata perahu di area Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (Foto: Ninda/ Kontributor Beritadaerah)

Yuk, Kunjungi Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri!

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Indonesia kaya dengan infrastruktur penyediaan air seperti waduk dan embung, yang selain bermanfaat untuk irigasi juga menarik untuk destinasi wisata. Provinsi Jawa Tengah juga punya sebuah waduk besar yang cukup tersohor yakni Waduk Gajah Mungkur. Jika menggunakan kendaraan pribadi, untuk menuju Waduk Gajah Mungkur perlu waktu tempuh kurang lebih satu jam setengah dari kota Solo, dengan jarak tempuh sekitar 60 km.

Waduk Gajah Mungkur merupakan waduk buatan yang dibangun pemerintah pada tahun 1970 dan mulai digunakan tahun 1978. Waduk Gajah Mungkur ini disebut juga Waduk Serbaguna Wonogiri.

Salah satu spot favorit di area Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (Foto: Ninda/ Kontributor Beritadaerah)

Memasuki area waduk, Anda akan disambut dengan tugu Selamat Datang bagi para wisatawan. Obyek wisata ini baru dibuka kembali pada Sabtu 17 April 2021, setelah sebelumnya Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri ini ditutup mulai 24 Desember 2020 sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Gerbang masuk area Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (Foto: Ninda/ Kontributor Beritadaerah)

Meskipun Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur telah diizinkan untuk buka lagi, namun belum semua wahana dibuka untuk umum. Aktivitas hiburan di Wisata Waduk Gajah Mungkur yang sudah beroperasional sampai saat ini hanya perahu motor.

Wisata perahu di area Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (Foto: Ninda/ Kontributor Beritadaerah)

Perahu motor yang tersedia bermuatan maksimal 20 orang, dan disediakan juga pelampung untuk sejumlah penumpang di setiap perahu, sebagai persyaratan keamanan yang ditetapkan oleh pengelola. Tarif per orang untuk satu kali perjalanan mengelilingi waduk adalah Rp35.000 per orang.

Gerbang masuk area Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (Foto: Ninda/ Kontributor Beritadaerah)

Sebagaimana lokasi wisata lainnya, di area waduk hadir berbagai gerai yang menjual berbagai makanan siap saji khas Jawa Tengah, juga hasil tangkapan ikan atau udang dan kepiting dari waduk. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan beberapa jenis cindera mata atau oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Tarif masuk area Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (Foto: Ninda/ Kontributor Beritadaerah)

Karcis masuk ke area wisata Waduk Gajah Mungkur tidak mahal, hanya Rp10.000 per orang dan mobil pribadi Rp3.000 serta Rp1.000 saja untuk sepeda motor.

Yuk, jika Anda sedang berwisata ke Solo, silakan mampir ke Waduk Gajah Mungkur ini.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Ninda