(Beritadaerah – Ekonomi Bisnis) Dalam persiapan pelaksanaan pertemuan G20 di Indonesia, Asosiasi E-Commerce Indonesia atau Indonesian E-Commerce Association (IdEA) siap memberikan dukungan penuh. Event seperti ini adalah peluang yang memberikan dampak positif bagi perkembangan pasar digital.

“Kami sudah berkomitmen dalam pelaksanaan G20 kita akan kerja sama dengan pemerintah. Hal ini akan selalu terbuka kami lakukan,” kata Wakil Ketua Umum IdEA, Budi Primawan, ketika melakukan dialog terkait G20 di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Selasa (11/1/2022).

Budi menegaskan bahwa gelaran G20 yang di ketuai oleh Indonesiaini harus dimanfaatkan secara optimal. Gelaran G20 ini akan membawa dampak positif kepada pasar digital dalam negeri yang kini banyak dimanfaatkan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).  Sampai saat ini terdapat sekitar 15 juta pelaku UMKM yang telah mengisi pasar digital di dalam negeri.

Pelaku UMKM berpeluang memiliki peluang yang lebih besar dalam memasarkan produknya ke depan. Sebab, melalui gelaran ini akan terbuka banyak kesepakatan dalam berbagai sektor yang memudahkan pelaku UMKM dalam memanfaatkan pasar digital.

“Membuka peluang yang lebih besar, sehingga pelaku UMKM dapat lebih sejahtera ketika memanfaatkan pasar digital,” tutur Budi.

Dalam mendukung para pelaku UMKM untuk memanfaatkan secara optimal momentum gelaran sidang pertemuan G20, pihaknya tengah melakukan pelatihan terhadap pelaku UMKM. Pelatihan yang dilakukan saat ini, dilakukan langsung oleh pelaku usaha yang berhasil meningkatkan penjualan di pasar digital.

Hal ini dilakukan untuk memacu semangat para pelaku UMKM yang lain, agar mengikuti jejak pelaku usaha yang telah meningkatkan penjualan tersebut.

“Bukan ngajak trainer saat pelatihan, kita ajak yang merupakan seller yang sukses di pasar digital,” imbuh Budi.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Kemkominfo

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.