Ilustrasi: Perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). (Foto: Kementerian PUPR)

Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Umum Nasional naik 0,73 persen

(Beritadaerah-Nasional) Pada Desember 2021, Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Umum Nasional naik sebesar 0,73 persen terhadap IHPB November 2021. Kenaikan IHPB tertinggi terjadi pada Sektor Pertanian sebesar 1,68 persen.Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Desember 2021 antara lain cabai rawit, kelapa sawit, cabai merah, bawang merah, telur ayam ras, minyak goreng, semen, dan daging ayam ras.

Perubahan IHPB di tahun kalender 2021 adalah sebesar 2,91 persen dan perubahan IHPB tahun ke tahun sebesar 2,91 persen.IHPB Bahan Bangunan/Konstruksi pada Desember 2021 naik sebesar 0,57 persen terhadap bulan sebelumnya, antara lain disebabkan oleh kenaikan harga komoditas semen, besi beton, pasir, rangka atap baja, pipa pvc, dan batu fondasi bangunan.

Badan Pusat Statistik mendefinisikan IHPB sebagai indeks yang menggambarkan besarnya perubahan harga pada tingkat harga harga perdagangan besar/harga grosir dari komoditas-komoditas yang diperdagangkan di suatu negara/daerah. Komoditas tersebut merupakan produksi dalam negeri yang dipasarkan di dalam negeri ataupun diekspor dan komoditas yang diimpor. Jumlah komoditas sebanyak 314 jenis dan dikelompokkan dalam tiga sektor dan dua kelompok barang, yaitu : Sektor Pertanian, Sektor Pertambangan dan Penggalian, Sektor Industri, Kelompok Barang Impor, dan Kelompok Barang Ekspor. IHPB disajikan dalam tiga macam pengelompokkan, yaitu : a). Menurut komponen penyediaan/penawaran barang atau menurut sektor/kelompok barang. b). Menurut penggunaan barang. c). Menurut kelompok barang dalam proses produksi.

IHPB dapat digunakan sebagai deflator PDB untuk perkembangan ekonomi. Perusahaan Kontruksi dan Bangunan yang mendapatkan tender proyek dari pemerintah untuk pembangunan jangka waktu lebih dari satu tahun dapat menggunakan data IHPB Kontruksi dan bangunan sebagai eksalasi harga.

Interpretasi IHBP dapat dilakukan dalam beberapa ukuran; a. In > 100 : kondisi harga-harga perdagangan besar/harga grosir dari komoditas-komoditas yang diperdagangkan pada bulan dan tahun berjalan secara umum lebih besar dibandingkan tahun dasar. b. In = 100 : kondisi harga-harga perdagangan besar/harga grosir dari komoditas-komoditas yang diperdagangkan pada bulan dan tahun berjalan secara umum sama dengan tahun dasar. c. In < 100 : kondisi harga-harga perdagangan besar/harga grosir dari komoditas-komoditas yang diperdagangkan pada bulan dan tahun berjalan secara umum lebih kecil dibandingkan tahun dasar.