(Beritadaerah – Nasional) Indonesia merupakan negara eksportir terbesar minyak kelapa sawit di dunia pada tahun 2020. Menurut badan pusat statistik (BPS), jumlah Perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia pada tahun 2020 sebanyak 2.511 perusahaan yang tersebar di 26 provinsi.

Dari data tersebut 163 perusahaan diantaranya merupakan perkebunan besar negara dan 2.348 perusahaan merupakan perkebunan besar swasta.

Berikut ini 7 provinsi yang memiliki perusahaan kelapa sawit terbanyak. Peringkat pertama yakni Provinsi  Riau dengan 363 perusahaan dan peringkat kedua yakni Provinsi Kalimantan Timur dengan 332 perusahaan.

Selanjutnya di peringkat ketiga adalah Provinsi Kalimantan Barat dengan 331 perusahaan dan peringkat keempat yakni Provinsi Sumatera Utara dengan 324 perusahaan.

Sementara itu untuk peringkat kelima yakni Provinsi Kalimantan Tengah dengan 232 perusahaan dan peringkat keenam adalah Provinsi Jambi dengan 177 perusahaan. Terakhir peringkat ketujuh yakni Provinsi Sumatera Selatan dengan 143 perusahaan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.