(Beritadaerah – Banyuwangi) Kabupaten Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan nusantara terus melakukan inovasi, dengan meningkatkan pelayanan, menambah destinasi wisata baru dan juga menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjungnya.

Destinasi wisata favorit di Banyuwangi yakni Grand Watu Dodol (GWD) telah menambah fasilitas, salah satunya dengan segera dioperasikan kapal wisata glass bottom, pengunjung bisa melihat indahnya taman terumbu karang di dasar laut dari atas kapal tanpa menyelam. Dengan glass bottom ini, dasar kapal dibuat transparan.

Kawasan GWD terletak di sisi utara kota Banyuwangi, tepatnya berada di Kecamatan Kalipuro. Wisatawan yang datang ke GWD dapat menikmati Selat Bali dengan view Pulau Bali di depannya.

“Bagi yang tidak mau menyelam, bisa melihat terumbu karang dari atas kapal wisata glass bottom ini,”  kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang dikutip laman Banyuwangikab, Rabu (5/1).

Beberapa hari lalu tepatnya hari Minggu (2/1), Bupati Ipuk telah sempat mencoba kapal glass bottom dengan menyusuri sepanjang pantai GWD dan melanjutkan perjalanan ke rumah apung Bangsring Underwater.

Disampaikan oleh Bupati Ipuk, wisatawan yang menggunakan kapal glass bottom di GWD dapat menuju ke Pulau Menjangan atau Pulau Tabuhan.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Muhammad Yanuarto Bramuda mengatakan bahwa para nelayan secara bergantian menjaga pantai 24 jam. Kawasan GWD didesain sangat apik. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melibatkan arsitek nasional dalam mendesain sejumlah bangunan sarana penunjang kawasan tersebut. Pantai GWD merupakan salah satu destinasi favorit di Banyuwangi.

Bahkan Pantai GWD Banyuwangi pernah meraih penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019, Kategori Tata Kelola Destinasi Wisata dari Kementerian Pariwisata.

GWD Banyuwangi telah terkenal dengan konservasi terumbu karangnya. Sepanjang 1000 meter pantai GWD merupakan wilayah konservasi terumbu karang dan akan dikembangkan hingga 2,5 kilometer sepanjang garis pantai.

Di pantai ini wisatawan bisa snorkeling dan diving untuk melihat indahnya terumbu karang yang banyak dihuni oleh berbagai jenis ikan hias dengan beragam warna. Wisatawan dapat menikmati keindahan terumbu karang tersebut dengan menyewa perahu yang semuanya dikelola oleh pokdarwis.

Di lokasi Pantai GWD dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas seperti food court, pusat oleh-oleh dan kuliner, toilet dan lainnya yang didesain sangat artistik.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.