(Beritadaerah – Ekonomi Bisnis) Kondisi di pasaran saat ini untuk harga minyak goreng masih relative tinggi. Terkait hal ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin masyarakat bahwa harga komoditas minyak goreng di pasaran akan tetap terjangkau.

Upaya yang dilakukan yakni Kemendag akan menyalurkan minyak goreng kemasan sederhana yang dibanderol dengan harga Rp14.000 per liter. Kemasan ini akan didistribudikan di berbagai wilayah di tanah air dalam beberapa waktu mendatang.

“Kami memastikan stok minyak goreng tetap tersedia dengan harga terjangkau sehingga masyarakat dapat memperoleh minyak goreng di semua pasar baik ritel modern maupun di pasar tradisional,” tegas Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, melalui siaran pers, Selasa (4/1/2022).

Penyaluran minyak goreng kemasan sederhana ini dilakukan sebagai respons pemerintah terhadap kenaikan harga minyak goreng belakangan ini.

Dalam memastikan keberlanjutan ketersediaan minyak goreng kemasan sederhana tersebut, pemerintah akan menggunakan instrumen subsidi yang berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit. Koordinasi telah dilakukan bersama berbagai pemangku kepentingan lainnya dari mulai pusat hingga daerah. Hal ini dilakukan agar kebijakan di atas dapat diimplementasikan sampai ke pelosok tanah air.

“Kami juga meminta Pemerintah Daerah, khususnya dinas yang membidangi perdagangan untuk melakukan operasi pasar minyak goreng di wilayah masing-masing, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” tutur Mendag Lutfi.

Kemendag juga memastikan bahwa stok minyak goreng untuk kebutuhan masyarakat di dalam negeri aman. Koordinasi secara intensif terkait dengan ketersediaan minyak goreng di berbagai daerah, untuk mencegah terjadinya kelangkaan komoditas tersebut.

“Telah melakukan koordinasi dengan produsen dan distributor serta pemerintah daerah untuk terus memastikan ketersediaan minyak goreng di pasar tradisional sehingga tidak terjadi kelangkaan di pasar,” ungkapnya.

Seperti diketahui bersama, kenaikan harga minyak goreng saat ini dipengaruhi oleh harga crude palm oil (CPO) dunia yang naik menjadi USD 1.340/MT. Kenaikan harga CPO ini menyebabkan harga minyak goreng ikut naik cukup signifikan. Harga menurut pantauan Kementerian Perdagangan per 3 Januari 2022, harga minyak goreng curah sebesar Rp17.900 per liter, minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp18.500 per liter, dan minyak goreng premium sebesar Rp20.300 per liter.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published.