(Beritadaerah – Magelang) Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengharapkan sektor pariwisata mampu menjadi penyumbang terbesar pendapatan asli daerah (PAD) di wilayahnya. Kesungguhannya  itu diwujudkan dengan rencana pengembangan potensi seni rupa, kuliner, dan seni pertunjukkan.

Diharapkan  Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dapat menjadi leading sector dalam mencari  peluang pariwisata Borobudur dan Yogyakarta. Kota Magelang memiliki 3 potensi  dalam  budaya  khususnya seni rupa, kuliner, dan pertunjukan-pertunjukan seni tradisional,

Kota Magelang memang sulit bersaing dengan kota-kota besar lain yang mengandalkan sektor pariwisata sebagai penyumbang PAD terbesar. Disamping wilayahnya yang kecil, Kota Magelang hampir tidak memiliki sumber daya alam (SDA).

Menurut Aziz, walau kecil, namun Kota Magelang tetaplah istimewa. Apalagi ditambah dengan kecintaan warganya.

“Kalau kita cinta dengan Kota Magelang, akan lahir pemikiran-pemikiran yang kreatif dan inovatif, sehingga bisa menguatkan dan menguntungkan,” tuturnya.

Ia menuturkan kreativitas bagaikan letupan. Jika terus dikembangkan maka akan mengundang ketertarikan masyarakat luar untuk berkunjung.

“Selama ini saya heran karena masyarakat luar daerah enggan mampir ke Kota Magelang. Jarang-jarang mereka itu sengaja meluangkan waktu untuk berwisata di Kota Magelang. Inilah tantangan kita, membuat warga luar itu tertarik dan meluangkan waktunya untuk datang ke Magelang,” tuturnya.

Sementara itu, berdasakan SK Wali Kota Magelang nomor 500250/112 tahun 2021, telah ditetapkan Komite Ekonomi Kreatif Kota Magelang periode 2021-2024.

Kepala Disporapar Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih mengatakan pihaknya ingin membangun masyarakat kreatif dan sadar terhadap pariwisata. Pihaknya pun siap mengakomodasi diskusi Komite Ekonomi Kreatif yang diharapkan dapat memunculkan ide kreatif dan inovatif bagi keberlangsungan pariwisata di Kota Magelang.

Dijelaskannya juga bahwa dengan adanya kolaborasi antara masyarakat kreatif dan pemerintah  ,akan menemukan ide-ide yang bagus mengenai sektor pariwisata di Kota Magelang sehingga akan terus berkembang, bahkan dikenal sampai level internasional.

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.