Semangat Gotong Royong Dan Kesetiakawanan Menjadi Modal Untuk Membangun Daerah

(Berita Daerah-Info Daerah-Featured)  Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dengan kegiatan diresmikan sejumlah 25 unit rumah layak huni di wilayah pesisir Mentok, Kabupaten Bangka Barat oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (19/12/2021).

Untuk membangun daerah, kesejahteraan masyarakat perlu ditingkatkan sekaligus terus menjaga semangat gotong royong.

Mensos  Risma menyampaikan dengan pola gotong royong, warga setempat bersama pemerintah daerah dan instansi terkait membangun sejumlah 25 unit rumah layak huni tersebut.

Mensos Risma menjelaskan melalui keterangan tertulisnya berbagai keterbatasan, terutama dalam hal dana akan bisa diatasi dengan semangat kebersamaan, gotong royong dan kesetiakawanan akan menjadi modal yang luar biasa.

Mensos Risma mengunjungi lokasi pembangunan rumah tidak layak huni juga menyempatkan diri ke satu persatu rumah yang sedang dalam pembangunan dikunjungi di Kampung Tanjunglaut Mentok tersebut,

Lurah Tanjung Dipa Pandu Putratama menjelaskan rumah tidak layak huni tersebut pengerjaannya dengan pola gotong royong sudah berlangsung sekitar satu pekan terakhir.

Anggaran disiapkan Kementerian Sosial dan untuk penyediaan material rumah tersebut dibangun bersama masyarakat dan elemen lain yang ikut bergotong royong.

Bantuan pembangunan rumah layak huni tersebut adalah untuk warga yang sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Sebelumya warga yang menerima bantuan berupa rumah nonpermanen, berdinding papan dan meningkat dibangun dengan batako beratap asbes.  Untuk rumah seluas 36 meter persegi per satu unit, lokasi di pesisir Kampung Tanjunglaut, lokasinya di RT 3 RW 14.

Bersama-sama instansi terkait, seperti Polri, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, instansi di lingkungan Pemkab Bangka Barat dan lainnya sudah selesai dikerjakan 13 unit rumah dan akan terus mengerjakan sisanya sebanyak 12 unit.