(Beritadareah – Nasional) Perusahaan Peternakan memiliki peran penting dalam menyediakan keperluan sehari-hari yang berasal dari ternak. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah perusahaan peternakan di Indonesia pada tahun 2021 tercatat sebanyak 534 perusahaan. Yang terdiri dari 34 perusahaan peternakan sapi perah, 101 perusahaan ternak besar dan kecil, dan 399 perusahaan peternakan unggas.

Jika dilihat, sebagian besar perusahaan peternakan ada di pulau Jawa sebanyak 355 perusahaan atau 66,48 persen dari total perusahaan peternakan di Indonesia. Wilayah lain yang mempunyai jumlah
perusahaan peternakan cukup besar adalah Sumatera sebanyak 85 perusahaan, Kalimantan 40 perusahaan, Sulawesi 35 perusahaan, Bali dan Nusa Tenggara 14 perusahaan, Maluku dan Papua sebanyak 5 perusahaan.

Berikut ini lima provinsi yang memiliki perusahaan peternakan terbanyak di Indonesia. Peringkat pertama adalah Provinsi Jawa Barat dengan 210 perusahaan dan peringkat kedua adalah Provinsi Banten dengan 62 perusahaan.

Sementara itu peringkat ketiga adalah Provinsi Jawa Tengah dengan 43 perusahaan dan peringkat keempat adalah Provinsi Lampung dengan 39 perusahaan. Terakhir, peringkat kelima adalah Provinsi Jawa Timur dengan 36 perusahaan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.