(Beritadaerah-Magetan) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar memuji Genilangit sebagai Desa wisata yang harus di replikasi. Hasil kolaborasi Desa Ginilangit dan Perhutani terbukti berhasil menjadi destinasi wisata yang menarik datangnya banyak wisatawan.

“Ini hasil kerja sama antara BUM Desa dengan Perhutani, ini luar biasa banget, alamnya indah dan sejuk. Model (kerjasama) seperti ini, patut direplikasi,” kata Gus Halim disela-sela kunjungannya ke Genilangit, Magetan, Sabtu (18/12/2021).

Gus Halim -sapaan akrab Menteri Abdul Halim Iskandar- menjelaskan, Desa Wisata Genilangit merupakan mahakarya BUM Desa yang bersinergi dengan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds dengan memanfaatkan keindahan alam di lereng Gunung Lawu. Selain itu, lanjut Gus Halim, berbagai macam destinasi wisata telah di kemas menjadi paket-paket wisata yang menarik. Sehingga berhasil memikat ratusan ribu pengunjung datang setiap tahunnya.

“Selain keindahan alamnya yang mempesona, ada paket-paket wisata yang menarik dan terjangkau. Ini bukti pentingnya model pengemasan pemasaran dalam membangun wisata,” ujarnya.

Gus Halim juga mempercontohkan Genilangit sebagai salah satu potret pengembangan desa wisata yang sesuai dengan SDGs Desa tujuan ke-18 yaitu Kelembagaan Desa Dinamis Budaya Desa Adaptif. Menurutnya, dengan tanpa meninggalkan kearifan lokal desa, Genilangit berhasil memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki warga desa, termasuk potensi yang dimiliki perempuan desa, pemuda desa, serta pihak lain diluar desa, termasuk mitra pembangunan desa.

“Genilangit berhasil menonjolkan pemandangan alam nan menakjubkan dengan budaya yang eksotis dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki tanpa meninggalkan kearifan lokal. Ini bukti pentingnya kolaborasi” tambahnya.

Gus Halim juga berharap antusiasme pengembangan desa wisata akan terus meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan semakin bertambahnya potensi yang dimiliki. Melalui program-program yang dijalankan, diharapkan desa tersebut bisa meningkat dari segi ekonomi sampai infrastruktur. Keuntungan-keuntungan yang didapatkan akan meningkatkan kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya alam, serta memajukan kebudayaan.

“Dan yang pasti keuntungan dari ini memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat, baik melalui APB Desa maupun langsung diterima oleh warga masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, setelah menikmati keindahan Desa Wisata Genilangit, Gus Halim beserta rombongan bertolak ke Desa Temboro, Karas, Magetan untuk meresmikan BUM Desa yang bergerak dibidang pengolahan limbah sampah..

Jimmy A/Journalist/BD
Editor: Jimmy A
Sumber: Humas Kemendes PDTT

Leave a Reply

Your email address will not be published.