(Beritadaerah – Batang) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang di Jawa Tengah memfasilitasi warga Batang yang sibuk bekerja pada siang hari, tetapi dapat menjalani vaksinasi COVID-19 malam hari. Upaya ini untuk menolong warganya agar tidak meninggalkan pekerjaannya dan mempercepat vaksinasi di Kabupaten Batang. Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Batang melakukan cara dengan menggelar program vaksinasi pada malam hari.

Vaksinasi malam merupakan bagian dari upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Batang. Kegiatan tersebut sudah berlangsung beberapa kali, demikian yang diutarakan oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Yuli Suryandaru saat memantau kegiatan vaksinasi keliling di Jalan Veteran, Kota Batang.

“Makanya kami harus bergerak untuk jemput bola. Sebenarnya kegiatan semacam ini sudah dilakukan di beberapa tempat, termasuk di Hutan Kota Rajawali dan khusus malam ini kami bekerja sama dengan Satlantas,” kata Yuli yang dikutip laman Jatengprov, Sabtu (18/12).

Yuli menjelaskan pelaksanaan dari pelayanan vaksinasi malam hari berlangsung pada pukul 20.00-22.00 WIB. Waktu layanan akan diperpanjang sampai jam 24.00, apabila calon pesertanya cukup banyak yang antri dan mendaftar dilokasi.

Selain vaksinasi malam hari, lanjutnya, puskesmas di seluruh wilayah Batang juga telah melakukan vaksinasi dari rumah ke rumah, bahkan hingga ke pedukuhan. Dampaknya, sampai dengan pertengahan Desember 2021, capaian vaksinasi untuk umum sudah mencapai 63,02 persen dan lansia 49,72 persen.

Menurut data dari Dinas Kesehatan Batang, ketersedian vaksin saat ini yakni AstraZeneca sebanyak 20 ribu yang bisa mencukupi kebutuhan hingga dua pekan ke depan.

Sementara itu Kasatlantas Polres Batang, AKP Dhayita Daneswari mengatakan, kegiatan vaksinasi COVID-19 malam hari tersebut bertujuan untuk membantu percepatan capaian vaksinasi di Kabupaten Batang. Jadi kami menyediakan layanan vaksinasi keliling malam hari dan gencar untuk mendatangi sejumlah titik kumpul warga. Disamping itu tidak menutup kemungkinan untuk kembali dilaksanakan di tempat yang sama, dengan sasaran 200 orang.

Salah satu warga yang mengikuti vaksinasi pada malam hari yakni Nur menyampaikan ia mendapatkan informasi tentang program tersebut dari orang tuanya. Menurutnya, program tersebut bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga yang memiliki kesibukan dari pagi sampai siang hari.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.