(Beritadaerah-Nasional) Mendorong percepatan program Pertashop di Kabupaten Cilacap, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama PT. Pertamina (Persero). Dengan melihat tingginya kebutuhan pembukaan Pertashop , maka Cilacap dinilai sangat cocok menjadi tolok ukur program tersebut demikian Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd mengatakan.

Yusharto saat Sosialisasi Program Pertashop di Ruang Gadri, Rumah Dinas Bupati, mengatakan Cilacap sebenarnya mitra utama Pertamina. Dari hulu sampai hilir, usaha ada di Cilacap. Bahkan dalam bentuk mikro berupa pemasaran melalui Pertashop,

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Anggota Komisi II DPR RI, Teti Rohatiningsih, Danlanal Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, serta perwakilan Forkopimda juga undangan lain.

Menurut Yusharto, Pertashop dapat menjadi nilai plus dalam bermacam kegiatan usaha di desa. Sehingga tidak hanya sektor pariwisata yang mempunyai nilai tambah. Tetapi juga sektor pertanian dengan hadirnya fator-faktor produksi yang bisa membuat masyarakat nyaman dalam berusaha dan mendapatkan hasil terbaik

Putut Andriyatno  sebagai Executive General Manager PT. Pertamina (Persero) Regional Jawa Bagian Tengah menjelaskan program Pertashop memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan BBM pada daerah yang belum terjangkau SPBU. Karena itu dengan biaya investasi yang sangat besar, Sampai saat ini SPBU masih berada di jalur lintas utama dengan potensi penjualan BBM cukup tinggi.

Di lain pihak ada tuntutan untuk menyediakan Lembaga penyalur resmi di daerah-daerah yang masih belum terjangkau SPBU. Usaha memanfaatkan dessa sebagai salah satu ujung tombak distribusi Pertashop, tapi ada kemungkinan juga untuk swasta supaya dapat BUMDes, CV atau PT.

Dijelaskan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji Pemerintah Kabupaten Cilacap  Surat Menteri Dalam Negeri tanggal 28 April 2020 sudah ditindak lanjuti, yaitu tentang  Program Percepatan Pertashop di Desa. Ada tiga desa yang ditunjuk yaitu Desa Karangnangka Kecamatan Binangun, Desa Pegadingan Kecamatan Cipari, dan Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan.

Bupati mengatakan bukan hanya Pertashop yang diharapkan ada produk local. Ditempat ini banyak mulai dari makanan, kerajinan, coba dipasarkan di Pertashop

Pertashop adalah gerai penjualan Pertamina guna melayani kebutuhan konsumen BBM non subsidi, LPG non subsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya. Pertashop memberikan jaminan harga dan kualitas BBM, karena harga jual BBM di Pertashop sama dengan SPBU.

Sampai saat ini Kabupaten Cilacap telah membentuk 47 unit Pertashop. Hal lainnya masih ada 13 unit yang akan dibentuk, Jadi Total akan ada 60 unit Pertashop

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.