Desa-Desa di Banyuwangi Dapatkan Penghargaan East Java Tourism Award 2021,

(Beritadaerah – Malang) Wilayah di Jawa Timur rata-rata memiliki keraton dan kerajaan sehingga kekayaan budayanya sangat luar biasa, demikian yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya pada East Java Tourism Award di Hotel Grand Mercure, Malang, Jumat (10/12). Acara tahunan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur sebagai upaya untuk meningkatkan potensi pariwisata di Jawa Timur.

“Selamat kepada para pemenang dalam East Java Tourism Award 2021. Penghargaan ini agar menjadi motivasi pelaku pelaku industri wisata di Jawa Timur, untuk terus melakukan inovasi-inovasi agar ekonomi terus tumbuh positif, untuk menyongsong Jatim Bangkit,” kata Khofifah yang dikutip laman Kominfo Jatim, Minggu (12/12).

Kali ini desa-desa di Banyuwangi berjaya East Java Tourism Award 2021 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten yang mendapatkan penghargaan dalam East Java Tourism Award 2021. Adapun penghargaan yang diterima Banyuwangi adalah Terbaik II Daya Tarik Wisata Alam Terbaik, Wisata Bangsring;  Terbaik II Daya Tarik Wisata Buatan, Wisata Sumber Bulu Songgon;  Terbaik I Video Profil Desa Wisata, desa wisata adat osing Kemiren Banyuwangi;  Terbaik III Video Profil Desa Wisata, desa wisata Tamansari.

Unggulan II Lomba Film Pendek Pesona Wisata Jawa Timur, Efendy–Jejak Banyuwangi;  Virtual Tour Desa Wisata Terbaik, desa Bangsring; Homestay di Desa Wisata, Kedaton Wetan Homestay; dan Restoran Bintang dan Non Bintang, Waroeng Kemarang.

Terkait dengan penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Banyuwangi, Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi Muhammad Yanuarto Bramuda bersyukur dan sangat berterima kasih bahwa desa-desa di Banyuwangi kembali meraih prestasi. Kini sudah banyak desa-desa wisata di Banyuwangi yang meraih prestasi dan semua berkat kerjasama serta kerja keras semua pihak.

Ditambahkan oleh Bramuda, tahun ini desa-desa Banyuwangi telah banyak meraih prestasi. Selain di East Java Tourism Award, desa-desa Banyuwangi juga berprestasi di tingkat nasional. Seperti baru saja Desa Tamansari Kecamatan Licin meraih juara pertama Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Kategori Digital, yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dalam ajang tersebut, juga ditetapkan Desa Tamansari mendapat sertifikasi berkelanjutan dari Kemenkarekraf dengan kategori “Maju”.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu