(Beritadaerah – Nasional) Laut Sehat, Indonesia Sejahtera, Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan (BRSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), bersama dengan Maritim Muda Nusantara, mengadakan  Blue Economy 4.0 Training Series, bertajuk ‘Blue Economy Business, Sustaining Our Seas’,  Kamis  (9/12/2021), dalam rangka mendukung program Ekonomi Biru.

Oleh Menteri KP Trenggono dinilai  bahwa generasi muda Indonesia memiliki peranan  besar dalam upaya memperkenalkan  dan menerapkan ekonomi biru yang dilangsungkan pada  lingkungan sekitarnya. Seperti juga  generasi muda mempunyai tanggungjawab dalam menambah  daya saing bangsa dan ekonomi bangsa yang mandiri.

Menteri KP Trenggono telah memberikan apresiasi pada  Kegiatan Blue Economy 4.0 Training Series yang merupakan kerja sama antara BRSDM dengan Maritim Muda Nusantara, dengan  mengambil tema ‘Pengenalan Bisnis dan Investasi Ekonomi Biru 4.0’. Keterlibatan pemuda tentunya amatlah penting dalam upaya membuat program-program pemerintah dan menjadi salah satu kunci dari keberhasilan ekonomi di Indonesia, karena mereka adalah generasi penerus yang akan membangun bangsa ini di masa mendatang.

Dalam pekerjaan  pembangunan sektor kelautan dan perikanan, dan  peningkatan devisa negara dan kesejahteraan masyarakat, sekarang ini  KKP mencanangkan  tiga program terobosan, yaitu penerapan kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota di setiap Wilayah Pengelolaan Perikanan untuk keberlanjutan ekologi; pengembangan perikanan budidaya berbasis pada ekspor dengan empat komoditas unggulan di pasar global, yaitu udang, lobster, kepiting, dan rumput laut; dan pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal.

Menteri Trenggono juga menyampaikan dengan peran generasi muda yang  mampu berpikir out of the box membuat mereka  dapat berpikir secara kreatif dan mampu mengembangkan sesuatu menjadi lebih bernilai, ini diharapkan  dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan  generasi muda dan  mereka akan memiliki sikap dalam membangun dan mengelola bisnis ekonomi biru 4.0 di Indonesia.

“Implementasi ekonomi biru ini sangat penting bagi generasi mendatang, di mana kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan harus didasari oleh pembangunan ekonomi biru, seperti  tuntutan pembangunan global.

Dengan adanya  ekonomi biru diharapkan  dapat meminimalkan kerusakan ekosistem, mengurangi kelangkaan ekologi, menambah  inklusi sosial, lapangan pekerjaan yang berkualitas, ketahanan pangan, serta investasi di bidang maritim

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.