(Beritadaerah – Surakarta) Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki bersama dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka membuka Shopee Solo Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub di Surakarta, Jawa Tengah pada hari Senin (6/12).

Dalam acara ini Wali Kota Gibran menyampaikan rasa optimistisnya terhadap fasilitas baru yang dihadirkan Shoopee di area Solo Technopark. Hal ini pastinya memberikan pengaruh positif bagi warganya.

“Luar biasa sekali Pembukaan Kantor Shopee di Solo Technopark. Beberapa bulan lalu, Menteri Pendidikan Pak Nadiem Makarim meresmikan office Gojek dan Tokopedia dan beberapa bulan lalu Pak Teten juga hadir, hari ini berkenan juga membuka Kantor Shopee di Technopark,” kata Gibran yang dikutip laman Jatengprov, Selasa (7/12).

Gibran menyebut, peresmian Kantor Shopee merupakan kemajuan yang bagus karena semakin meningkatkan peran swasta dalam pengembangan UMKM dan startup untuk para pebisnis pemula di Kota Surakarta. Dengan pembukaan ini, diharapkan UMKM Kota Surakarta bakal naik kelas dengan banyaknya fasilitas inkubator, akselerator yang bertujuan membina dan memajukan UMKM di Kota Surakarta. Nantinya Pemeritah Kota (Pemkot) Surakarta akan menggenjot terus Solo Technopark menjadi tempat produktif yang dikomandoi oleh para anak muda.

Sedangkan, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan, industri digital yang melahirkan transformasi UMKM harus lebih dipercepat, karena bisa mengoptimalkan kekuatan ekonomi digital. Nilai dari industri digital Indonesia selama pandemi mencapai Rp 640 triliun, tahun 2025 nanti ekonomi digitalnya Indonesia diprediksi terbesar di Asia Tenggara sebesar Rp 1.700 triliun. Dengan hadirnya pihak swasta dalam pengembangan UMKM akan lebih menumbuhkan industri UMKM lebih cepat.

Dijelaskan Teten, ke depan pemerintah pusat bakal mengembangkan wirausaha by design dengan wirausaha muda berbasis kreativitas dan inovasi ekonomi. Sehingga, UMKM Indonesia memiliki daya saing yang tinggi di pasar domestik maupun pasar global.

Sementara itu Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja pada kesempatan yang sama juga menyampaikan, Solo Technopark sebagai hub untuk pengembangan teknologi sejak 2014, dan kini juga menjadi hub untuk pengembangan UMKM. Ekosistem yang telah terbangun dihadirkan Shopee Indonesia secara gratis, untuk melahirkan generasi muda baru yang menggunakan bakat dan minatnya, dalam berinovasi dan berkolaborasi mengembangkan industri entertainment.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.