(Beritadaerah – Temanggung) Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memberikan peran penting di tengah pandemi dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional dan daerah. Dalam upaya membangkitkan dan mengembangkan kegiatan para pelaku UMKM, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Temanggung menggelar bazar produk-produk UMKM di Halaman Kantor Bupati Temanggung, Jumat (3/12). Kegiatan tersebut merupakan puncak peringatan HUT ke-50 Korpri.

Ketua Pelaksana Korpri Temanggung dan juga Sekda Kabupaten Temanggung Hary Agung Prabowo mengatakan, melalui bazar tersebut diharapkan dapat mendorong para pelaku UMKM.

“Harapan saya, dengan adanya bazar UMKM ini, ke depan UMKM bisa semakin maju. Karena salah satu yang mendorong UMKM bangkit itu adalah dari ASN dan seluruh unsur pendukung ASN, termasuk ibu-ibu Dharma Wanita dan PKK, dengan mereka yang mendorong ini ke depan diupayakan UMKM bergerak dan berkembang lebih baik,” kata Hary yang dikutip laman Jatengprov, Senin (6/12).

Dijelaskan oleh Hary, beragam produk dari para pelaku UMKM di 20 kecamatan dengan kualitas terbaik ditawarkan dengan harga bersaing ikut dalam bazar ini. Produk yang ditampilkan seperti kerajinan tangan, batik khas Temanggung, makanan dan minuman tradisional, produk kopi, roti kering, dan produk olahan gula aren.

Sementara itu Ketua PKK UP2k Desa Ketitang, Kecamatan Tembarak Dwi Wasti mengapresiasi upaya dari Korpri dalam membangkitkan UMKM. Sebab selama pandemi COVID-19 ini, pelaku UMKM kesulitan menjual produk-produknya, karena memang daya beli masyarakat sangat rendah. Dengan menjadi peserta, maka diharapkan produknya dapat terjual.

Selama masa pandemi, Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kabupaten Temanggung juga membuka pendaftaran pengajuan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Dalam situasi pandemi banyak UMKM di Temanggung banyak yang terdampak, diharapkan dengan adanya BPUM ini dapat digunakan sebagai tambahan modal usaha yang diharapkan dapat menggairahkan perekonomian bagi para pelaku usaha.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.