(Beritadaerah – Nasional) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), menanggapi kondisi dampak bencana alam erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021, memerintahkan segenap jajarannya untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, yang memberikan keterangan mewakili Presiden Joko Widodo, Minggu (05/12/2021), melalui kanal YouTube Sekretariat Kabinet.

“Bapak Presiden sudah memerintahkan kepada Kepala BNPB, kepada Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan juga kepada Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana,” jelas Mensesneg.

Presiden Jokowi juga memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur diselesaikan sesegera mungkin.

Kepada masyarakat dihimbau untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Kepada kepala daerah dan pejabat pemerintah untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk selalu siaga dan waspada, saling bekerja sama untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini,” ungkapnya.

Mensesneg, atas nama Presiden, Wakil Presiden, pemerintah, dan seluruh rakyat Indonesia, menyampaikan duka yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan korban luka-luka.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: BPMI

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.