(Beritadaerah – Solo) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi acara Festival Payung Indonesia di Taman Balekambang Solo, pada hari Sabtu (4/12). Festival Payung Indonesia yang digelar di Taman Balekambang Solo itu sangat menarik para pengunjung untuk menyaksikan payung dari berbagai daerah di nusantara.

Banyak produk hasil kerajinan yang inspiratif dan menarik ditampilkan dalam festival ini. Pengunjung yang hadir didominasi oleh emak-emak yang asyik berfoto ria dengan latar belakang payung berwarna-warni.

Saat mengujungi event ini, Gubernur Ganjar menyaksikan sejumlah payung dari berbagai daerah yang dipajang di sana dan tersenyum geli karena melihat banyak payung yang aneh di tempat itu. Ada payung rajut bolong-bolong, payung kulit domba, payung kulit kayu, bahkan ada juga payung janur yang terlihat seperti kerangka.

“Festival Payung Indonesia menjadi bukti betapa kreatifnya masyarakat Indonesia. Dari satu payung saja, sudah ada sebegitu banyak produk yang dihasilkan, dengan bentuk yang keren, kreatif, dan menarik,” kata Ganjar yang dikutip laman Jatengprov, Sabtu (4/12).

Selanjutnya Ganjar berharap mudah-mudahan ini jadi satu event yang bisa menumbuhkan pariwisata kita dan tetap berpesan agar pengunjung yang hadir dapat menjaga protokol kesehatan.

Sedangkan Direktur Festival Payung Indonesia Heru Mataya menyampaikan event kali ini merupakan event yang kedelapan yang digelar di Taman Balekambang. Dalam festival kali ini menampilkan kreasi payung se-Indonesia dari Aceh sampai Papua, kurang lebih ada 1.000 payung dari seluruh Indonesia dengan ragam yang luar biasa. Selain pameran, acara ini juga ada workshop pembuatan payung dan seni pertunjukan.

Ditambahkan oleh Heru, payung juga merupakan salah satu pusaka budaya nusantara dan perlu dilestarikan serta dikembangkan agar menumbuhkan ekonomi kreatif para perajin.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.