(Berita Daerah-Wisata Nusantara)  Bagi pecinta kuliner setiap kota punya ciri khas jajan kuliner yang enak ibarat pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’.  Bila mampir ke kota Malang jangan lupa mencoba jajan kuliner nya yang tidak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia, seperti gado-gado kaki lima milik Pak Gatot, lokasinya di Jalan Dr. Sutomo, Blimbing, Kota Malang lokasinya terjangkau dan mudah ditemukan.

Tempat nya di pinggir jalan dan di atas sepeda motor, walau demikian rasa gado-gado buatan Pak Gatot berkualitas, terkenal enak dan sangat teruji.  Tahun 2002, gelar juara diraih oleh pria kelahiran 1952 ini pada lomba cipta menu nusantara di Universitas Negeri Malang (UM) dengan gado-gado buatannya.

Gatot sudah merantau dan menjual gado-gado di Kota Malang sejak tahun 1976.  Ia berasal dari Tlogosari Kabupaten Malang. Sejak tahun 1976, dia menjual gado-gado dengan membawa pikulan di daerah Pecinan Pasar Besar Kota Malang.  Kemudian pindah berjualan gado-gado di Jalan Dr. Sutomo pada tahun 1992 hingga saat ini, tempat yang diambil di ujung Jalan Dr. Sutomo tepatnya di bawah pohon mahoni.

Usianya sekarang tidak muda lagi,  bersama istrinya menjual gado-gado setiap hari mulai pukul 09.00 WIB.  Dan gado-gado buatannya dibeli mulai dari kalangan masyarakat biasa hingga pejabat yang kebanyakan pelanggan setia.

Meski kuliner Pak Gatot diakui kuliner terenak dan disenangi masyarakat, namun penjualan nya tidak ikut Gofood atau aplikasi, tidak digunakan handphone untuk pembeli, hanya jualan di Jalan Dr. Sutomo.

Memang tidak mudah gado-gado yang dibuat dan dijual setiap hari diakui butuh perjuangan yang melelahkan.  Dimulai dari bangun pukul 02.00 WIB, lontong dimasak kemudian lanjut berbelanja di pasar.  Baru pukul 07.00 WIB gado-gado selesai dimasak, berangkat dari rumah di Mergan Lori kemudia menjual gado-gado di Jalan Dr. Sutomo.  Sekarang sudah menggunakan sepeda motor, sebelumnya waktu di Pecinan masih sepeda pancal dan pikulan yang digunakan.

Dari seorang pelanggan gado-gado Pak Gatot sejak masih berjualan di Pecinan Kota Malang diakui rasa gado-gado tidak berubah hingga saat ini.  Bahkan gado-gadonya tidak kalah dengan masakan hotel bintang lima mulai dari bumbu kacang, emping melinjo, sayuran, kerupuk, hingga sambal. 

Jangan lupa mampir makan gado-gado Pak Gatot di Jalan Dokter Sutomo di Kota Malang !

Leave a Reply

Your email address will not be published.