(Berita Daerah-Info Daerah) Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada hari Rabu (1/11/2021) membuka Musyawarah Kota (Muskota) VIII Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung di Hotel Papandayan.  Para pengusaha di kota Bandung, Jawa Barat diharapkan membantu proses pemulihan ekonomi di kotanya sehingga tahun depan ekonomi bisa tumbuh kembali.

Muskota tersebut untuk memilih kepengurusan baru Masa Bakti 2021-2026 dengan tema Kadin Sebagai Rumah Inovasi dan Kolaborasi Main Power Kebangkitan Ekonomi Masa Pandemi COVID-19.  Yana berharap kebersamaan yang sudah baik bisa dibangun menjadi semakin baik di kota Bandung

Dampak pandemi sangat terasa di Kota Bandung Pada tahun ini Kota Bandung kehilangan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga Rp1 triliun akibat pandemi COVID-19 sisi kehidupan masyarakat telah diluluhlantakan. Tahun 2020, PAD mencapai Rp7,2 Trliun, tapi pada 2021 potensial lost yang dialami hingga Rp1 triliun. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berupaya menuntaskan pandemi agar kasus COVID-19 semakin terkendali salah satu kunci diantaranya mencapai target 100% vaksinasi dalam waktu dekat.  Wakil Walikota, Yana berharap tahun depan COVID-19 akan menjadi endemi.

Selain itu, para pengusaha termasuk pelaku UMKM di kota Bandung juga dibantu Pemkot agar bisa terus bertahan di tengah badai COVID-19.  Pemerintah selalu hadir dan UMKM didorong agar terus berinovasi dan kreasi.  Seperti di Dinas KUKM, UMKM yang baru selalu dibina.

Ketua Umum Kadin Jawa Barat, Cucu Sutara turut hadir pada Muskota tersebut.  Tanggungj jawab yang sangat besar dimiliki Kadin terutama di bidang industri, perdagangan dan jasa, yaitu bagaimana kenyamanan untuk berusaha diberikan di Kota Bandung baik itu bagi investor, UMKM, dan pengusaha.

Lebih lanjut Yana menyampaikan terkait Sumber Daya Manusia (SDM). Kadin Kota Bandung agar jangan investasinya ada di Kota Bandung tapi semua SDM-nya dari luar tapi harus mampu bersaing cerdas dengan daerah lain.  Kebijakan yang berpihak kepada para pengusaha harus dibuat Pemerintah dalam situasi yang sulit ini.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.