(Beritadaerah – Kupang) Dalam kunjungan kerjanya di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada hari Selasa (30/11), Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengunjungi unit pengolahan rumput laut di PT. Rote Karagenan Nusantara. Saat kunjungan ini, Menteri Trenggono turut didampingi oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskoda.

Provinsi NTT merupakan daerah penghasil rumput laut terbesar di Indonesia, dan memiliki potensi untuk dikembangkan lagi. Untuk itu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggenjot produktivitas rumput laut dengan memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada masyarakat. Diharapkan dengan langkah tersebut, maka produksi rumput laut di NTT semakin meningkat dan dapat memenuhi pasar domestik maupun ekspor.

“Pemerintah akan bantu dari sisi (cara) produksi rumput lautnya,” kata Menteri Trenggono yang dikutip laman KKP, Selasa (30/11).

Dalam kunjungan tersebut Menteri Trenggono juga menyerap aspirasi pelaku usaha rumput laut tentang terbatasnya bahan baku yang dapat diperoleh. Padahal permintaan dari stakeholder yang berasal dari luar negeri cukup besar.

Menteri Trenggono menjelaskan meningkatnya produktivitas rumput laut dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan pembudidaya. Selain itu juga meminta pelaku usaha ikut memberikan bimbingan ke pembudidaya agar kualitas rumput laut yang dihasilkan lebih tinggi.

Ditambahkan oleh Menteri Trenggono, agar pelaku usaha tidak keberatan membeli rumput laut basah dari para pembudidaya untuk membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

Selama periode 2021-2024, salah satu program terobosan KKP yakni mengenjot komoditas rumput laut yang merupakan komoditas unggulan selain udang, lobster dan kepiting. Dari Januari sampai September 2021, ekspor rumput laut Indonesia nilainya mencapai US$ 236 juta.

Sementara itu Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat menyampaikan dukungan penuh program terobosan yang dilakukan oleh KKP untuk menggenjot produktivitas rumput laut.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.