(Beritadaerah – Ambon) Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan mengikuti secara virtual peluncuran ‘Aroma Maluku: Belanja Cipta Nusantara’ di Ambon, Maluku, pada Senin (29/11). Selain Menko Marves Luhut, hadir pula di acara peluncuran ini yakni Gubernur BI, Mendikbud Ristek, Menkop UKM, Menparekraf dan beberapa pejabat lainnya.

Peluncuran Aroma Maluku merupakan rangkaian kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GerNas BBI), Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengangkat UMKM/IKM/Artisan Maluku, hingga karya dari pendidikan vokasi.

Dalam sambutannya, Menko Luhut menyampaikan tema ini mengingatkan kita, Maluku dan rempahnya menjadi bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia yakni lada, cengkeh, kayu manis, yang kuat dengan aromanya. Hingga pada awal November 2021 kekayaan rempah dan kuliner Indonesia, diperkenalkan di ajang internasional Expo 2020 Dubai.

“Presiden RI Joko Widodo telah meluncurkan Program Indonesia Spice Up The World di paviliun Indonesia. Ini menjadi momentum yang strategis bagi Indonesia, mengangkat aroma maluku, rempah dan produk unggulan lainnya di pasar mancanegara,” kata Menko yang dikutip laman Maritim, Selasa (30/11).

Menko Luhut memaparkan, pada BBI kali ini, dirinya melihat kolaborasi erat antara dunia pendidikan dengan dunia industri. Kemendikbud Ristek sebagai penggagas acara dengan program Merdeka Belajar, telah menjadi solusi kesenjangan antara lulusan perguruan tinggi dengan industri.

Dalam kesempatan ini, Menko Luhut juga berharap agar karya pendidikan vokasi dapat dimanfaatkan oleh industri dalam negeri, termasuk Kementerian/Lembaga/Pemda, seperti misalnya, mesin CNC (Computer Numerical Control) karya siswa/i SMK di Surakarta, yang sudah berstandar industri dan tersedia di pasaran.

Pada kesempatan ini, Menko Luhut juga mengapresiasi Pemprov Maluku, yang telah memberikan dukungan Rp 1 miliar dalam mendukung Gernas BBI ini.

Menko Luhut juga berharap bahwa kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh BI dan campaign manager untuk mendorong investasi bagi UMKM di daerah, selain itu konsep ini juga mendukung pengembangan UMKM/IKM/Artisan sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Terakhir Menko Luhut mengucapkan selamat kepada Kemendikbud Ristek, Pemerintah Provinsi Maluku, dan instansi lain atas peluncuran “Aroma Maluku – Belanja Cipta Nusantara”.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

2 Responses

  1. Dallas

    I just could not depart your website prior to suggesting that I actually loved the usual info
    an individual provide on your visitors? Is going to be again steadily in order to investigate cross-check
    new posts

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.