(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam kunjungan kerja ke Jawa Timur, Selasa (30/11/2021), meresmikan dua bendungan yaitu Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro.

Dalam acara peresmian kedua bendungan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa.

Presiden Jokowi menyambut dengan rasa syukur dengan adanya tambahan dua bendungan besar lagi di Provinsi Jawa Timur, yakni Bendungan Gongseng di Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek. Keduanya telah siap untuk dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan. Demikian antara lain yang disampaikan oleh Presiden dalam peresmian yang dipusatkan di Bendungan Tugu, Kabupaten Trenggalek.

Bendungan Tugu di Trenggalek ini memiliki daya tampung sebesar 12 juta meter kubik, dan mampu memberikan manfaat irigasi bagi lahan pertanian seluas 1.250 hektare. Sementara, Bendungan Gongseng di Bojonegoro lebih besar, yakni berkapasitas sebesar 22 juta meter kubik. Ditargetkan bendungan ini dapat mengairi areal seluas 6.200 hektare.

“Bendungan Tugu dibangun dengan biaya Rp1,69 triliun dengan kapasitas tampung 12 juta meter kubik dan memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare. Kemudian Bendungan Gongseng, ini memiliki daya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektare,” ujar Presiden Jokowi.

Keberadaan kedua infrastruktur ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan produktivitas pertanian serta kesejahteraan para petani di sekitar area bendungan.

“Kita harapkan dengan tambahan dua bendungan ini aktivitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat, petani semakin produktif, lebih sering bisa menanam dan panen, sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat,” pungkasnya.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Humas Setpres

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.