(Beritadaerah – Magelang) Salah satu destinasi wisata yang sedang hits di Jawa Tengah saat ini adalah Nepal Van Java. Destinasi wisata ini merupakan desa kecil yang terkenal dengan rumah penuh warna di lereng berlatar pemandangan gunung yang dramatis. Destinasi wisata unik ini tepatnya berada di lereng Gunung Sumbing tepatnya di Dusun Butuh Desa Temanggung, Magelang, Jawa Tengah..

Kondisi daerah yang berada di pegunungan menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Rumah-rumah penduduk yang ada di perbukitan dicat berwarna-warni sehingga terlihat cantik. Bentuk rumah warga yang unik itu, sehingga Dusun Butuh dikenal dengan sebutan Nepal Van Java.

Saat mengikuti ajang Borobudur Marathon, Minggu (28/11), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melewati Nepal Van Java dan memberikan bantuan pada masyarakat disana. Bantuan tersebut berupa 2 (dua) ton cat yang digunakan untuk mempercantik daerah itu. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dusun Butuh, Desa Temanggung yakni Lilik Setiawan.

“Ini bisa dimanfaatkan ya, untuk mempercantik Nepal Van Java. Biar lebih warna-warni, kalau difoto pasti tambah bagus,” kata Ganjar yang dikutip laman Jatengprov, Minggu (28/11).

Gubernur Ganjar juga meminta selain pembangunan fisik, masyarakat dapat ditingkatkan kemampuan sumber daya manusianya dengan memberikan pelatihan. Sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat meningkat serta kebersihan juga perlu dijaga. Sedangkan untuk kebutuhan modal dapat diminta dengan Bank Jateng.

Sementara itu, Lilik Setiawan menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Ganjar atas perhatian dan bantuan yang diberikan kepada Nepal Van Java. Dengan bantuan ini diharapkan Nepal Van Java lebih cantik lagi. Sebagian rumah warga ada yang belum dicat, karena dusun ini cukup luas, dengan bantuan ini diharapkan banyak rumah warga yang dapat dicat.

Ditambahkan juga oleh Lilik Setiawan, bahwa Gubernur Ganjar berpesan agar bukan fisiknya saja yang diperbaiki, tapi peningkatan pendukung lainnya. Termasuk pelayanan, keramahan, kebersihan dan lainnya agar wisatawan yang datang ke Nepal Van Java semakin nyaman.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.