Pemkab Gowa Siapkan Lahan Sebanyak 1.200 Ha untuk Kawasan Jagung

(Beritadaerah – Gowa) Saat acara panen jagung di Desa Katangka, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, pada hari Minggu (28/11), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) bersama Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan akan membangun kawasan budidaya jagung seluas 1.200 hektare (Ha).

Nantinya lahan tersebut berlokasi di Kecamatan Botonompo, Kabupaten Gowa. Upaya ini dilakukan untuk mendukung ketahanan stok jagung nasional dan bahkan ditargetkan ekspor. Maka dari itu Mentan SYL sangat memperhatikan persiapan pembangunan kawasan jagung agar digarap secara serius melalui bimbingan teknis yang intensif, hingga membangun industri pengolahan agar petani mendapatkan tambahan nilai ekonomi yang tinggi.

“Menindaklanjuti perintah Bapak Presiden Jokowi untuk menyiapkan upaya-upaya optimalisasi ketersediaan pangan di tahun 2022 nanti dan lebih khusus lagi ketersediaan jagung dalam negeri maupun kelebihanya untuk ekspor, oleh karena itu saya bersama Bupati Gowa merencanakan kawasan jagung 1.200 hektare. Ini dilakukan dalam regulasi maksimum untuk melakukan akselerasi jagung,” kata Mentan SYL yang dikutip laman Pertanian, Senin (29/11).

Mentan SYL juga menjelaskan langkah nyata yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk pengembangan kawasan jagung seluas 1.200 Ha. Pengembangan kawasan tersebut mulai dari menyediakan sarana penanganan budidaya, pasca panen, dan produk olahan turunan jagung.

Ditambahkan juga oleh Mentan SYL, produksi jagung ini nantinya untuk memenuhi kebutuhan nasional, setelah itu dapat dilakukan ekspor. Hal itu juga dilakukan daerah lainnya. Dengan peningkatan produksi jagung, diharapkan dapat memberikan kesejahteraan pada petani.

Kawasan jagung yang dibangun akan menjadi contoh dari pengembangan kawasan pertanian yang maju, mandiri dan modern. Upaya nyata yang dilakukan yakni melakukan intervensi peningkatan indeks pertanaman, bimbingan teknis dan memperbaiki sarana produksi yang digunakan petani. 

Sedangkan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang mendampingi Mentan SYL memberikan apresiasi atas dukungan Kementan dalam pembangunan pertanian di Kabupaten Gowa. Pada tahun 2021, Kabupaten Gowa mendapat total bantuan sebesar Rp 59 miliar. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Gowa siap berkontribusi menjaga ketahanan pangan nasional, salah satunya komoditas jagung berkualitas ekspor dengan pendekatan pembangunan pertanian berbasis teknologi.

Kabupaten Gowa sendiri merupakan daerah penghasil jagung di Provinsi Sulawesi Selatan, dimana di semua kecamatan terdapat lahan jagung. Sedangkan kawasan jagung 1.200 hektare, nanti dikhususkan untuk menghasilkan jagung dengan kualitas tertentu. 

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu