(Beritadaerah – Nasional) Wilayah Timur Indonesia adalah  salah satu prioritas  atau fokus pembangunan. Harapan pemerintah adalah , semakin banyak Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yang berkembang dan ikut  berperan untuk  membangun daerahnya.

Kursus dan pelatihan  ini di bawah pembinaan Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat), Ditjen Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang saat ini  fokus dengan program-program peningkatan kompetensi pada anak-anak putus sekolah, yang akhirnya setiap anak di negri ini  memiliki kesempatan yang tak berbeda  dalam meningkatkan kualitas hidupnya dengan kompetensi yang mereka terima.

Akhirnya  terbukti  kursus dan pelatihan ikut  berperan  juga dalam menekan angka pengangguran dan meningkatkan SDM berkompeten, demikian pernyataan Dirjen Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto di tengah  diskusi di LKP Jaya Negara, Kota Ambon, , Senin (29/11/2021).

Diharapkan , para lulusan dapat menerapkan  potensi mereka setelah selesai menimba ilmu di LKP.

“Dengan program direktorat  mereka telah  dibina untuk semakin link and match dengan industri dan dunia kerja  

Lembaga pendidikan nonformal, LKP melengkapi pendidikan formal dalam bentuk pendidikan singkat yang tujuannya  pada peningkatan kompetensi keterampilan bidang tertentu yang disenangi oleh peserta didik.

LKP Jaya Negara di Kota Ambon adalah lembaga kursus Bidang Komputer yang turut berperan  memajukan wilayah Maluku dengan menghasilkan ribuan lulusan teknologi komputer. Lulusannya telah  banyak terserap di berbagai instansi pemerintah, sektor swasta, maupun merintis usaha dengan modal keahlian yang dimiliki.

Muhamad Rohim salah satu lulusannya, mengatakan bahwa dirinya akan mengembangkan program pelatihan gratis yang membantu anak-anak putus sekolah di desanya. Setiap anak yang telah berlatih selama 3-4 bulan, akan  ditempatkan mereka untuk mempraktekan ilmunya di cabang usahanya

 Jam pembelajaran yang singkat dan padat dalam program kursus membuat  peserta didik dapat mengasah keterampilannya dengan cepat, dan  peserta didik dapat langsung bekerja atau membuka rintisan usaha berdasarkan keterampilan yang mereka dapatkan.

Program-program kursus dan pelatihan yang dijalankan juga sangat fleksibel dan mudah dikombinasikan  ke pendidikan formal untuk membantu peserta didiknya mengikuti program-program pembelajaran turunan lain yang terkait.

Dirjen Wikan mengatakan bahwa keberhasilan  lulusan vokasi di dunia kerja tergantung  pada kemampuan mereka beradaptasi, untuk terus belajar, dan memiliki karakter yang kuat.

Bagi industri yang  membutuhkan pekerja yang siap kerja , dan ingin mendapat lulusan terbaik, dibuka kesempatan  untuk datang ke LKP maupun SMK, minta lulusan terbaik dari mereka,

Leave a Reply

Your email address will not be published.