(Beritadaerah – Blora) Bandara Ngloram di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dipastikan siap melayani penerbangan perdana Jakarta–Blora pada Jumat (26/11). Kepastian penerbangan tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dewandaru Ariadi Widiawan saat rapat koordinasi pengecekan kesiapan penerbangan perdana di ruang rapat Bupati, Senin (22/11).

Dalam pembangunan bandara Ngloran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan pembebasan lahan seluas 3,2 hektare pada tahun 2019 dan 3,6 hektare pada tahun 2021.

Dijelaskan juga oleh Ariadi, untuk operasional bandaranya sudah siap 100 persen dan jenis pesawat yang akan dipakai untuk melayani penerbangan komersil rute Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Ngloram, adalah maskapai penerbangan Citilink ATR-72. Rencananya pesawat akan melayani penerbangan satu minggu dua kali yakni setiap Jumat dan Senin.

“Kita sudah siap, per kemarin slot pemesanan tiket untuk penerbangan ke Jakarta tinggal lima orang yang kosong. Semoga besok bisa penuh, kemarin ada yang pesan langsung 10 tiket,” kata Ariadi yang dikutip Jatengprov, Rabu (24/11).

Bupati Blora Arief Rohman meminta stakeholder terkait dan OPD teknis untuk memastikan kesiapannya. Mulai seremonial pendaratan pesawat, hingga acara penyambutan. Dan apa saja yang harus ditampilkan untuk mengisi kegiatan para tamu selama tinggal di Blora. Karena sebagian tamu baru akan kembali ke Jakarta pada Senin (29/11) mendatang.

Dalam rangka memaksimalkan bandara yang baru ini, Bupati Arief meminta OPD teknis bisa menggandeng beberapa komunitas untuk menyusun paket wisata Blora, agar para tamu terkesan dengan Blora.

Bupati Arief sendiri akan mengikuti penerbangan perdananya langsung dari Jakarta menuju Blora pada hari Jumat dan Seninnya diikuti oleh Wakil Bupati.

Landas pacu atau runway dari Bandara Ngloran sepanjang 1500 m dan mampu didarati pesawat jenis ATR-72. Nantinya Bandara Ngloram ini menjadi bandara pengumpan untuk melayani penerbangan tujuan Semarang, Balikpapan, dan Jakarta (Halim Perdanakusumah). Selain itu juga melayani penerbangan dengan tujuan Malang dan Banyuwangi.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.