(Beritadaerah – Nasional) Guna perangi stunting, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak masyarakat untuk selalu mengonsumsi ikan, agar generasi kita tangguh dan unggul.

“Makan ikan penting untuk masa depan bangsa, itulah kenapa di momen hari ikan nasional (Harkannas) tahun ini kita mengusung tema Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul,” ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti saat berbicara tentang Harkannas 2021, Minggu (21/11/2021).

KKP terus menggencarkan Gerakan Memasyakatkan Makan Ikan (Gemarikan) guna memerangi stunting atau masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis.

“Kita satu nafas dengan agenda pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kita optimis, dengan asupan bahan pangan bergizi seperti ikan, kita bisa mewujudkan hal tersebut,” sambungnya.

Praktisi Nutrisi Dr. Raissa Edwina Djuanda menyebutkan adanya fakta orang yang mengongsumsi ikan 1 kali per pekan memiliki risiko kematian akibat cardiovascular disease (CVD) 15 persen lebih rendah dibanding yang tidak mengonsumsi ikan.

“Kita akan terus mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan. Jadi mari, nikmati momen Harkannas tahun ini dengan makan ikan bersama keluarga, teman atau sahabat,” jelasnya.

KKP bersinergi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), Foodbank of Indonesia, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) di pusat, dan daerah serta mitra organisasi kemasyarakatan, profesi dan pelaku usaha mengagendakan sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati Harkannas 2021.

“Puncak Harkannas 2021 akan dilangsungkan pada 25 November secara daring dan luring di Kantor Pusat KKP, dan kita mengajak partisipasi masyarakat dalam peringatan Harkannas tahun ini,” tutupnya.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.