(Beritadaerah – Purwakarta) Kasus konfirmasi aktif COVID-19 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat tidak ada pada hari Sabtu (20/11), demikian yang diutarakan oleh Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Purwakarta Iyus Permana. Dengan tidak adanya kasus aktif COVID-19, hal tersebut merupakan pencapaian pertama kali sejak awal kemunculan pandemi di wilayah tersebut.

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Purwakarta, total kasus COVID-19 di Kabupaten Purwakarta sampai saat ini sebanyak 12.357 kasus. Dengan rincian, 11.779 orang pasien sembuh, dan 578 orang meninggal karena COVID-19.

“Iya betul. Hari ini kasus nihil pertama semenjak adanya COVID-19 di Kabupaten Purwakarta,” kata Iyus yang dikutip laman Jabarprov, Sabtu (20/11).

Dijelaskan oleh Iyus, Pemerintah Kabupaten Purwakarta selama ini bersama dengan pihak terkait serta segenap masyarakat Purwakarta telah bergotong royong menekan angka COVID-19 di Kabupaten Purwakarta. Disamping itu masyarakat juga patuh untuk menjaga protokol kesehatan (prokes), karena ini faktor penting dalam menekan laju penularan COVID-19 di Purwakarta.

Dengan penurunan kasus sampai nol, saat ini salah satunya memang anugerah Allah SWT Tuhan yang Maha Esa. Kemudian, kepatuhan dan komitmen bersama seluruh elemen masyarakat dalam melaksanakan prokes sesuai anjuran pemerintah, ungkap Iyus.

Selain itu, lanjut Iyus, ini merupakan perjuangan sosialisasi dari para nakes, satgas, TNI, Polres dan kerjasama stakeholder terkait dalam serbuan percepatan vaksinasi. Selain itu pencapaian ini tidak ditanggapi dengan euforia, melainkan dengan tetap mematuhi anjuran pemerintah: penerapan protokol kesehatan di segala aktivitas dan menjaga pola hidup sehat masyarakat.

Terakhir Iyus berharap, walau saat ini sudah nol kasus, Pemkab Purwakarta terus mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga prokesnya jangan sampai kendor dan semoga Pandemi COVID-19 ini segera berakhir. Kami juga terus mengingatkan masyarakat yang belum di vaksin agar segera di vaksin.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.