(Beritadaerah – Nasional) Upaya penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia, meskipun telah memberikan dampak yang baik, terus diupayakan adanya pemenuhan kebutuhan stok vaksin COVID-19 untuk masyarakat luas.

Hari ini, Jumat (19/11/2021), Indonesia kembali kedatangan vaksin jadi COVID-19 merek AstraZeneca, di Bandara Internasional Soekarno Hatta Banten.

Kali ini sebanyak 4.059.290 dosis AstraZeneca tiba sekitar pukul 13:00 WIB, dengan maskapai My Indo Airlines. Ini adalah kedatangan Vaksin tahap ke-124, yang diperoleh melalui skema pembelian langsung (direct purchase).

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa cakupan vaksinasi COVID-19 di Indonesia telah melampaui target dari WHO. Menkes juga menyebut bahwa ketersediaan stok vaksin COVID-19 di Indonesia masih aman.

Data vaksinasi COVID-19 hingga 18 November 2021, dari target populasi sebanyak 208 juta jiwa, sebanyak 67 persen telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, sementara sebanyak 56 persen telah mendapatkan dosis lengkap.

Menkes pun meminta kepada masyarakat untuk tidak ragu melakukan vaksinasi COVID-19, dan tidak perlu pilih-pilih vaksin. Pemerintah menjamin vaksin COVID-19 yang diberikan kepada masyarakat adalah aman, bermutu, dan berkhasiat.

Tentu saja, pemerintah terus meminta agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Leave a Reply

Your email address will not be published.