(Beritadaerah – Papua) Kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dalam pengembangan sektor kelautan dan perikanan adalah sangat penting. Untuk itu Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) mendukung program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam peningkatan kapasitas SDM melalui Pusat Pelatihan dan Penyuluhan KP (Puslatluh KP) dan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, dengan menyelenggarakan Pelatihan (Aspirasi) Budidaya Ikan Air Tawar di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua pada tanggal 16-17 November 2021.

Guna mewujudkan tiga program prioritas KKP yang digaungkan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono tak lepas dari peran serta SDM kelautan dan perikanan yang tangguh dan kompeten, di mana pelaksanaan pelatihan merupakan bagian dari upaya penyediaan SDM tersebut, demikian arahan dari Plt. Kepala BRSDM Kusdiantoro saat membuka pelatihan.

“Papua memiliki potensi yang baik untuk pengembangan budidaya air tawar. Diketahui bahwa 80 persen rumah makan di Jayapura banyak menawarkan ikan air tawar. Pelaksanaan pelatihan budidaya air tawar kepada masyarakat juga dilaksanakan karena adanya permintaan yang tinggi akan ikan air tawar, seperti mujair, nila dan lele di Jayapura. Hal ini tentu menjadi sebuah peluang usaha bagi masyarakat setempat sehingga perlu ditunjang dengan pelatihan dan sarana budidaya sehingga dapat memaksimalkan keterampilan dan pengetahuan para pembudidaya,” kata Kusdiantoro yang dikutip laman KKP, Selasa (17/11).

Ditambahkan oleh Kusdiantoro, saat ini perkembangan teknologi budidaya, khususnya budidaya air tawar, seperti bioflok, RAS, penggunaan probiotik juga telah mendorong meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam budidaya. Komoditas unggul ikan air tawar hasil pemuliaan, seperti nila Srikandi dan nirwana, mas Mustika, lele mutiara, patin perkasa, gurame BIMA menjadi komoditas perikanan yang dapat dibudidayakan di masyarakat.

Dengan pelatihan ini, KKP berharap masyarakat Papua dapat memiliki peluang baru dalam dunia usaha yang dapat menambah penghasilan rumah tangga sehingga dapat memberikan daya dukung yang besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Perikanan budidaya menjadi salah satu sektor unggulan yang dilaksanakan oleh KKP, langkah ini dapat dikembangkan dengan mudah oleh masyarakat dan memberikan peningkatan terhadap produksi perikanan nasional serta pendapatan pelaku usaha.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.