(Beritadaerah – Karawang) Salah satu daerah yang menjadi lumbung pangan nasional di Jawa Barat adalah Kabupaten Karawang. Kabupaten ini memiliki  wilayah yang subur dan merupakan sentra penghasil beras yang produktif.

Dalam kunjungan kerjanya di Desa Gombongsari, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (13/11), untuk mengikuti panen raya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mendorong agar kabupaten ini menjadi model pertanian modern yang bisa tiga kali panen dalam semusim.

“Bapak, Ibu sekalian. Kita harus bisa membuat negeri ini panen 3 kali. Kita rumuskan yuk. Dan saya mau Kecamatan Rawamerta di Karawang ini menjadi contohnya pertanian hebat di Jawa Barat,” ujar Mentan SYL yang dikutip laman Pertanian, Senin (15/11).

Mentan SYL menyampaikan kontribusi Karawang terhadap kebutuhan pangan nasional sangatlah luar biasa, dimana dalam setiap panen, rata-rata produksi padi mencapai 8 ton perhektare. Karena itu, apa yang dilakukan petani dan jajaran pemerintahan daerah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.

Ditambahkan oleh Mentan SYL, saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) telah membuat kesepakatan bersama untuk merumuskan skema peningkatan produktivitas. Skema itu diantaranya menyiapkan bibit unggul pada lahan kering dan basah, serta menyiapkan sarana dan prasarana teknologi untuk mengatasi adanya kendala air.

Selain melakukan panen raya, Mentan SYL juga melakukan dialog langsung dengan sejumlah petani dan mendengarkan cerita serta aktivitas sehari-hari petani selama masa panen yang berlangsung disaat pandemi.

Salah satu petani yang diajak dialog oleh Mentan SYL, yakni Sakum (53) merasa senang karena Kementan memberikan perhatian yang besar kepada petani di Karawang, terutama dalam pemberian bibit unggul serta bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan). Kondisi ini membuat hasil panen para petani naik dua kali lipat.

Sementara itu Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Hanafi Chaniago menyampaikan terimakasih atas arahan dan dukungan Mentan Syahrul terhadap sektor pertanian di Jawa Barat. Hal tersebut membuat Karawang mampu mempertahankan statusnya sebagai lumbung pangan nasional.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.