(Berita Daerah-Nasional) Penanganan COVID-19 di beberapa daerah yang berjalan baik sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah dilonggarkan.

Dalam siaran pers Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate pada hari Jumat (12/11/2021) menjelaskan sekarang ini keyakinan konsumen terus menguat dan tumbuh optimis terhadap kondisi ekonomi seperti yang ditunjukkan hasil survei.  Hal ini bersamaan dengan dibukanya kegiatan di berbagai sektor ekonomi dan dari penghasilan masyarakat

Menkominfo mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar bisa segera bangkit dari pandemi dan tetap tangguh.  Pemerintah berkomitmen terus bekerja keras untuk masyarakat baik dalam hal kesehatan maupun ekonomi dilindungi dari segala dampak pandemi.

Bank Indonesia mencatat Survei Konsumen Oktober 2021, untuk Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) menjadi 113,4, naik dari 95,5 pada September 2021.  Keyakinan konsumen berada pada area optimis, ditunjukkan dengan Level IKK sudah mencapai lebih dari 100.

Perbaikan Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang mendorong kenaikan IKK. Pantauan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini membaik, terutama dalam hal ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan.  Masyarakat kian optimistis menyongsong pemulihan ekonomi nasional, seperti yang ditunjukkan oleh Kenaikan Indeks Keyakinan Konsumen dalam hasil Survei Konsumen Oktober 2021, dari Bank Indonesia (BI).

Menurut Menkominfo, data dari BI tersebut jadi bukti dari kebijakan Gas dan Rem selama ini dari Pemerintah untuk keseimbangan aspek pemulihan ekonomi dan kesehatan. Tren positif ini terus dipertahankan supaya perputaran ekonomi Indonesia dapat terus tumbuh dan pandemi dapat terus dikendalikan.  Perkiraannya masih terus berlanjut ke depannya, sebentar lagi kita akan masuk momentum Natal dan Tahun Baru dimana aktivitas konsumsi masyarakat bisa dipacu.

Namun demikian diingatkan oleh Menkominfo Johnny supaya masyarakat tetap berhati-hati dan tetap waspada terhadap risiko transmisi COVID-19.   Tetap bijak bermobilitas, hindari kerumunan, protokol kesehatan diterapkan dengan baik, masker dipakai dengan benar.  Ditegaskan supaya jangan momentum yang baik ini terdistraksi kembali dengan lonjakan kasus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.