(Beritadaerah – Kepulauan Seribu) Sejumlah kawasan wisata di Kepulauan Seribu telah dibuka sejak masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 di Provinsi DKI Jakarta. Salah satunya adalah Pulau Pramuka, banyak wisatawan yang sudah mulai berkunjung ke pulau ini, khususnya pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Pengunjung yang datang tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Hari ini Jumat hingga pukul 14.00 WIB tercatat ada 137 wisatawan yang tiba di Dermaga Utama Pulau Pramuka, demikian yang dikatakan Kepala Satpol PP Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Edi Syahrudi.

“Mengantisipasi penyebaran COVID-19 seiring dibukanya aktivitas wisata, pengawasan penerapan prokes terus dilakukan. Termasuk, memastikan wisatawan sudah divaksin melalui pengecekan di aplikasi PeduliLindungi,” kata Edi, Jumat (12/11).

Edi menjelaskan saat ini jumlah kunjungan wisatawan yang datang akan semakin bertambah pada hari Sabtu dan Minggu di Pulau Pramuka, untuk itu kami tetap melakukan pengawasan ekstra agar tidak terjadi kasus penyebaran COVID-19. Satpol PP dibantu dengan unsur terkait, melakukan pengawasan dan mengantisipasi kasus penyebaran COVID-19 yang baru di Kepulauan Seribu.

Berada di Teluk Jakarta, beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Kepulauan Seribu seperti Pulau Tidung, Pulau Bira, Pulau Putri, Pulau Sepa dan lainnya. Ada wisata baru yakni wisata Kampung Jepang di Pantai Sakura, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan yang sedang dipersiapkan oleh PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) dan PT Pertamina Patra Niaga melalui program corporate social responsibility (CSR).

Bila wisatawan ingin mengetahui lebih lengkap informasi destinasi wisata di Kepulauan Seribu dapat mengunjungi Pusat Informasi Pariwisata yang berada di area Dermaga Utama Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pusat Informasi Pariwisata atau Tourism Information Center (TIC) yang diresmikan pada tahun 2019, keberadaannya dapat mencerminkan kekhasan budaya yang ada di Kepulauan Seribu, sekaligus sebagai sarana dalam mempromosikan pariwisata yang berada di Pulau Kelapa dan Pulau Harapan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.